Hotel Ombilin Sawahlunto

Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Hotel Ombilin Sawahlunto
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Hotel Ombilin adalah tempat dimana kami berhenti ketika baru saja tiba di Kota Sawahlunto, beberapa saat setelah matahari tenggelam di balik bukit. Tidak tersisa kamar buat kami, karena Sawahlunto tampaknya dibanjiri tamu yang akan melihat Pacuan Kuda dan Pacu Jawi keesokan harinya.

Wisma Ombilin, yang sekarang menjadi Hotel Ombilin Heritage, memang hanya menjadi tempat pertemuan kami dengan Indra, teman Fenty Effendy, yang berbaik hati mencarikan penginapan buat kami. Setelah sempat berputar-putar, kami pun akhirnya menginap di W1, mess Pemda, yang pada jaman kolonial dijadikan rumah bagi bujangan Belanda.

Wisma Ombilin
Papan kotak neon Wisma Ombilin dengan warnanya berani dan terang, yang sepertinya merupakan obyek pertama yang saya foto setelah menginjakkan kaki di pusat Kota Sawahlunto.

Wisma Ombilin
Bangunan Wisma Ombilin yang berbentuk kotak memanjang, dengan bentuk bagian depan khas, yang juga dijumpai pada bangunan-bangunan tua lainnya di Kota Sawahlunto. Beginilah foto Wisma Ombilin jika suatu ketika nanti kabel-kabel listrik dan telepon yang bergelantungan ditanam di dalam tanah.

Wisma Ombilin
Tulisan pada dinding luar Wisma Ombilin yang menjelaskan mengenai riwayat bangunan tua ini.

Wisma Ombilin
Wisma Ombilin yang sibuk, dilihat pada keesokan harinya, dengan atap terbuat dari bahan seng yang masih banyak digunakan pada berbagai bangunan di Sumatera Barat. Bangunan tua disampingnya adalah Gedung Koperasi Ombilin.

Wisma Ombilin
Bangunan khas Minangkabau di bagian depan Wisma Ombilin tampaknya merupakan tambahan pada bangunan aslinya.

Wisma Ombilin
Wisma Ombilin dengan latar belakang perbukitan yang mengelilingi Kota Sawahlunto, dengan kabel-kabel telepon dan listrik yang menunggu ditanam. Di toko yang ada di Gedung Koperasi Ombilin serta toko di belakang tempat saya mengambil foto, ada handuk yang kami perlukan karena mess dimana kami tinggal tidak menyediakannya.

Wisma Ombilin
Wisma Ombilin dilihat dari belakang, yang berada tepat di seberang Gereja Santa Barbara.

Wisma Ombilin
Halaman luas, sebuah gazebo dan rumah bergaya kolonial yang berada di belakang Wisma Ombilin, yang tampaknya digunakan untuk tamu-tamu khusus. Satu deretan di belakang rumah ini, terdapat pula mess yang bisa digunakan untuk menginap.

Wisma Ombilin

Alamat: Jl. M Yamin Pasar Remaja, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS -0.68133, 100.77738. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »