Gunung Pranji Kebumen

Lokasi Gunung Pranji Kebumen berada di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Untuk sampai di kaki bukit masih bisa menggunakan sepeda motor atau sepeda, dititipkan di rumah warga, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit treking mendaki lereng gunung dengan kemiringan yang cukup tajam.

Ketinggian Gunung Pranji Kebumen adalah sekitar 500 mdpl, dan biasa menjadi tempat tujuan bagi pejalan yang ingin menikmati panorama matahari terbit dan matahari terbenam, serta panorama kota Kebumen pada malam hari. Dari atas Gunung Pranji bisa dilihat pemandangan lembah persawahan, serta panorama laut selatan.

Desa Pengaringan terletak di sebelah utara Kota Kebumen, berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Pranji tampak seperti kepala menengadah dengan hidung dan mulut. Selain sebagai tempat untuk treking pegunungan, Gunung Pranji juga biasa dikunjungi anak-anak muda untuk berkemah.

Untuk menuju ke Gunung Pranji Kebumen, dari kota Kebumen menuju ke arah barat. Setelah melewati Jembatan Tembana, belok kanan masuk ke Jl. Raya Jemur, dan di pertigaan Desa Peniron belok ke kiri ke arah Desa Pengaringan.

Gunung Pranji KebumenAlamat : Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.5918135, 109.6317208, Waze. Rujukan : Peta Wisata Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Hotel di Kebumen, Sewa Mobil di Kebumen.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Gunung Pranji Kebumen

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.