Gua Surowono Kediri

Gua Surowono Kediri merupakan lorong bawah tanah dengan sungai yang airnya sangat jernih. Gua ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, yang konon merupakan sistem kanal, bagian dari Candi Surowono, yang telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri.

Setelah meninggalkan Candi Surowono, kami ke barat sejauh 280 meter dan belok ke kanan di pertigaan. Setelah 450 m, kami belok kanan lagi  lalu berhenti di rumah dengan penanda Gua Surowono. Kami lalu berjalan kaki melalui jalan setapak di samping rumah penduduk.

Beberapa saat kemudian sampailah kami di lokasi lubang gua yang ternyata berada di bawah permukaan tanah. Sebuah papan yang berisikan “Tata Tertib’ dengan tulisan tangan bagi para pengunjung sempat saya baca dengan isi yang cukup menggelitik. Bagaimana pun pesan itu patut dibaca, terutama informasi yang berhubungan dengan keselamatan para pengunjung.

gua surowono kediri
Lubang masuk gua yang berada di sumur, sekitar 5 m di bawah permukaan tanah dengan air jernih setinggi perut. Di atasnya ada gerumbul bambu yang menaungi jalan masuk gua. Menurut penuturan penjaga, banyak yang telah dipandunya masuk ke dalam lorong gua, dengan berbekal senter dan alas kaki, karena di bawah air ada bebatuan yang bisa melukai telapak.

Gua Surowono Kediri ini bisa dibilang sangat sempit, dan hanya bisa dilalui orang satu per satu dengan cara berjalan dalam satu baris iringan. Tidak ada seorang pun diantara kami yang ingin mencoba masuk ke dalam gua itu, selain karena harus mencebur ke dalam air, sempitnya lubang gua juga membuat perasaan menjadi tidak begitu nyaman.

gua surowono kediri
Jalan setapak menuju pintu sumur Gua Surowono Kediri itu boleh dikatakan cukup curam meski tidak terlalu tinggi, dan tampaknya bisa menjadi agak licin di musim penghujan karena trap-trapannya belum dibuat dengan cukup baik. Mudah-mudahan kondisi saat ini sudah jauh lebih baik lagi, agar orang bisa turun dengan nyaman dan aman.

Adanya gerumbul bambu yang padat tepat di bibir lubang memberi kesan tersendiri pada tempat ini, meskipun akan lebih terasa wingit jika ada pohon beringin tua atau pohon besar lainnya yang usianya ratusan tahun. Saat itu suasana sangat sepi, hanya kami yang berada di sana. Selain mungkin tak banyak yang tahu tempat wisata khusus ini, juga karena bulan puasa.

gua surowono kediri
Ada sebuah susunan batu hitam yang biasanya sangat keras pada dasar sumur. Batu itu berada di dekat pintu masuk Gua Surowono Kediri dan bisa digunakan sebagai tempat duduk sementara, dengan kaki menjuntai. Tetes-tetes air terlihat mengalir secara teratur dari mata air yang tampaknya tak pernah kering di tebing lubang sumur ini.

Pintu masuk ke lorong gua tampak ditutup pagar besi ram-raman yang digembok. Memasuki lorong gua ini memang harus dipandu oleh penjaga, karena terdapat percabangan lorong yang bisa membuat orang tersesat di dalamnya. Jika saja bisa dibuat peta lorong yang ada di dalam gua, maka orang tak perlu takut untuk masuk ke dalamnya.

gua surowono kediri
Menyusuri aliran sungai Gua Surowono Kediri di area pertama ini pengunjung bisa berjalan tegak saat di dalam lorong, namun saat berlanjut ke dalam lubang yang kedua maka pengunjung harus berjalan dengan cara berjongkok karena langit-langit gua yang rendah. Bagaimana pun pakaian sudah pasti basah ketika pertama kali orang turun ke mulut lubang gua.

Memasuki lubang gua yang nomor tiga, pengunjung sudah harus berjalan sambil duduk, dan pada lubang Gua Surowono yang keempat atau yang terakhir pengunjung harus merangkak atau berenang. Jarak antara lubang sumur ini berkisar antara 50 – 60 meter, cukup jauh. Jauh dekatnya jarak memang relatif. Jika di dalam tanah, jarak dekat akan terasa jauh.

Bila mempunyia kesempatan untuk berkunjung ke Candi Surowono, sebaiknya anda mampir juga ke Gua Surowono Kediri ini, karena jarak kedua tempat wisata yang menarik ini hanya sekitar 750 meter. Sebaiknya ketika berkunjung juga membawa baju ganti jika ingin merasakan pengalaman memasuki lorong Gua Surowono yang pasti akan sangat berkesan ini.

Gua Surowono Kediri

Alamat : Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lokasi GPS : -7.7424, 112.2172, Waze. Jam buka : setiap waktu. Harga tiket masuk : gratis (tak ada tiket resmi), sumbangan diharapkan. Rujukan : Tempat Wisata di Kediri, Peta Wisata Kediri, Hotel di Kediri. Galeri (12 foto) Gua Surowono Kediri : 1.Lubang Masuk, 2.Tebing, 3.Rembesan air, 4.Sungai, 5.Tata Tertib, 6.Bening, 7.Akses, 8.Mata Air, 9.Pagar besi … s/d 12.Rumpun Bambu.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Timur » Kediri Kabupaten » Gua Surowono Kediri

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 17 Juli 2017. Tag:

Tulisan lainnya : Air Terjun Bantimurung Maros | Curug Cikarapyak Karawang | Telaga Sunyi Baturraden nan Bening Hening | Curug Nangka Bogor | Proyek Nasional Transparansi | Vihara Vajra Bumi Pekalongan | Situs Candi Jiwa Karawang | Hotel di Parapat | Hotel di Kutai Timur | Masjid Agung Gresik |