Kawanan Monyet Gua Kreo Semarang

Pertanyaan mendatangkan pengetahuan. Adalah karena sebuah pertanyaan terbuka yang saya ajukan ke bapak supir mobil sewaan yang saya tumpangi yang membuat saya mengetahui keberadaan sebuah gua bernama Gua Kreo, tempat terakhir yang saya kunjungi saat saya di Semarang beberapa waktu lalu.

Gua Kreo berada di Desa Talun Kacang, Kecamatan Gunungpati, berjarak sekitar 10 km dari kota Semarang. Nama Kreo ini berasal dari kata “ngreho”, sebuah ungkapan permintaan dalam bahasa Jawa yang berarti “rawatlah”, yang diucapkan oleh Sunan Kalijaga agar orang menjaga tempat itu.

Cuaca sangat terik dan lembab ketika saya sampai di sana, dan sekelompok kera ekor panjang (Macata fasicularis) menyambut dengan pandangan yang menyelidik ketika saya turun dari mobil.

Gua Kreo SemarangGua Kreo dengan jalur menuju gua dan air terjun Kreo, yang merupakan cabang sungai Kaligarang.

Lintasan ini sangatlah teduh dan cukup membantu untuk melindung saya dari sengat matahari yang sanggup membakar kulit, sementara saya berjalan dengan pelan menuruni ratusan anak tangga ke arah gerbang dan lalu naik turun sepanjang lintasan berbukit.

Gua Kreo SemarangGua Kreo menjadi tempat tinggal monyet yang bisa dilihat dalam jarak sangat dekat di sepanjang jalan yang menuju ke arah gua.

Gua Kreo SemarangGua Kreo terlihat pada sisi sebelah kanan. Pada sisi sebelah kiri adalah jurang curam yang menuju ke air terjun Kreo.

Gua Kreo SemarangGua Kreo itu. Sayang tidak ada pemandu yang bisa menemani saya untuk masuk ke dalam gua, dan tidak ada pula sewaan senter untuk melihat stalaktie dan stalagmit-nya.

Gua Kreo Semarang
Monyet ini bebas berkeliaran di mana-mana di sekitar lokasi Gua Kreo.

Gua Kreo Semarang
Sebuah posisi unik yang bisa menginspirasi seniman patung.

Gua Kreo Semarang
Seekor induk monyet tengah menatap dengan tatapan penuh kasih sayang ke arah anaknya yang matanya terpejam saat menyusu.

Kreo Semarang
Anak monyet sesaat membuka matanya saat sang induk mengawasi monyet lain yang berada di dekatnya.

Meskipun saya merasa sangat lelah dan keringat mengucur di seluruh wajah dan badan ketika melompat masuk ke dalam mobil, namun Gua Kreo merupakan kunjungan yang baik. Pemandangan bayi kera yang tengah menyusu sangatlah menghibur. Akan merupakan pengalaman yang sangat baik, jika saja saya punya cukup tenaga, untuk turun ke dasar jurang dan melihat air terjun Kreo yang suaranya terdengar sangat jelas, keras bergemuruh dari atas tebing.

Gua Kreo Semarang

Alamat : Desa Talun Kacang, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Lokasi GPS : -7.038649, 110.350285, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Semarang, Hotel Semarang, Peta Wisata Semarang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Tengah » Semarang Kabupaten » Kawanan Monyet Gua Kreo Semarang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017. Tag: