GTranslate WP Plugin

The Aroengbinang Travelog semula dibuat dalam bahasa Inggris untuk menjangkau pembaca yang lebih luas, baru kemudian dibuat versi Bahasa Indonesia. Karena pembaca versi lokal jauh lebih banyak, maka dipindah ke domain utama, dan versi Inggris dibuat dalam sub-domain.

Dengan berjalannya waktu, versi Indonesia diterbitkan lebih dahulu, baru kemudian dibuat versi Inggris. Ketika bahan tulisan semakin menumpuk menunggu diselesaikan, versi Inggris jarang diperbarui, dan bahkan berhenti di tempat selama beberapa bulan terakhir ini.

Menyadari bahwa semakin lama akan semakin sulit menemukan waktu untuk membuat The Aroengbinang Travelog dalam versi Bahasa Inggris, saya pun akhirnya berpaling ke plugin GTranslate, yang mampu menterjemahkan secara otomatis isi halaman The Aroengbinang Travelog kedalam 58 bahasa asing, sehingga bisa menjangkau lebih dari 98% pengguna internet, dengan dukungan mesin penterjemah Google.

Beberapa fitur Plugin Gratis GTranslate adalah:

Menyembunyikan pop-up “Suggest better translation”.
Menyembunyikan logo Google setelah penterjemahan.
Efek mouse.
Lambang bendera dalam satu file sehingga lebih cepat dibuka.
Fungsi analitik
Pilihan untuk membuka halaman terjemahan di jendela baru.
Pilihan menterjemahkan halaman secara on fly (jQuery).
Tersedia pilihan menu “Dropdown/Flags/flags with dropdown”

Tampilan yang elegan GTranslate bisa dilihat pada kolom tengah baris paling atas.

Hasil terjemahannya cukup baik, meskipun tidak sepenuhnya sempurna. Bagaimanapun inti tulisan akan bisa ditangkap oleh pembaca asing, yang jika tanpa plugin ini kemungkinan besar mereka akan segera pergi meninggalkan halaman kita dan tidak pernah kembali.

Perbaruan:
Lihat tulisan tentang Google Translate

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » WordPress » GTranslate WP Plugin
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 20 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap