Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan air terjun alam tinggi dan elok di sebuah area berhawa sejuk di pinggang Gunung Lawu, yang masuk ke wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelum kunjungan yang sekarang ini, kunjungan sebelumnya ke Grojogan Sewu Tawangmangu sudah sangat lama, tahun 1983 bersama serombongan teman.

Grojogan adalah air terjun dalam bahasa Jawa. Sewu artinya seribu, yang merupakan perkiraan ketinggian Grojogan Sewu yang dihitung dengan satuan pecak, yaitu panjang telapak kaki. Meski dari segi ukuran nama itu tak tepat, karena air terjun Grojogan Sewu tingginya hanya sekitar 80 meter, namun nama itu enak didengar dan gampang untuk diingat.

Jalanan aspal menuju ke lokasi wisata yang sudah sangat terkenal sejak lama ini cukup mulus dan berkelok naik, dengan setidaknya ada lima kelokan tajam sebelum sampai area parkir Grojogan Sewu. Meskipun jalan tak terlalu lebar, namun bus wisata besar masih bisa melewatinya dan tanjakannya pun tidak begitu tajam.

grojogan sewu tawangmangu
Sekitar jam 7 pagi kami sudah tiba di pintu gerbang masuk Grojogan Sewu Tawangmangu. Loket penjualan karcis masih tertutup, dan belum terlihat satu pun pengunjung berada di sana. Hanya geliat beberapa pemilik warung yang terlihat mulai sibuk membersihkan halaman dan menyiapkan makanan jualannya, dan sekumpulan monyet ekor panjang.

Kami menunggu sekitar seperempat di depan pintu gerbang ditemani monyet-monyet yang lalu lalang di tanah dan tembok. Kebanyakan monyet bertengger di atas dahan pohon pinus yang banyak bertebaran di area Grojogan Sewu ini. Akhirnya kami diijinkan masuk oleh penjaga, yang meminta kami membayar karcis ketika keluar dari lokasi.

grojogan sewu tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu terlihat dari kejauhan dengan ketinggian air terjun yang memang mengesankan. Untuk mencapai tempat ini kami berjalan kaki melewati undakan menurun yang lumayan banyak dan membutuhkan waktu cukup lama menapakinya. Bagusnya disediakan tempat istirahat di beberapa titik di sepanjang jalan.

Debit air Grojogan Sewu cukup besar, meski tidak sedang di puncak musim penghujan. Selain air terjun utama, ada lagi beberapa air terjun di sebelah kirinya yang tak begitu tinggi dan debit airnya juga kecil. Karena saking tingginya grojogan, orang akan cepat basah kuyup pakaiannya jika mendekat ke grojogan karena terkena tempias air.

Grojogan Sewu Tawangmangu berada di area taman wisata alam seluas 64.3 ha, dengan curah hujan 2850 – 3719 mm dan suhu terendahnya bisa mencapai 10 derajat Celsius. Jenis pohon yang tumbuh adalah Pinus, Kalianda, Damar, Bendo, Puspa, dan Suryan. Selain monyet di kawasan hutan wisata ini juga hidup tupai dan beberapa jenis burung.

grojogan sewu tawangmangu
Akses undakan yang kami lewati saat kembali menuju ke pintu gerbang keluar, dengan cungkup tempat istirahat jika lelah. Pasti lelah, karena sekitar seribu undakan harus ditapaki untuk sampai di atas. Bagusnya jalur ini dinaungi pepohonan tinggi sehingga teduh, selain hawa Tawangmangu yang sejuk karena berada di ketinggian sekitar 1100 mdpl.

Di lokasi bawah taman wisata Grojogan Sewu Tawangmangu, tak jauh dari air terjun, saya melihat ada kolam renang yang cukup baik dan bersih yang menggunakan air pegunungan. Di bawah juga ada cukup banyak warung makan, namun karena masih pagi juga belum ada yang buka. Hanya terlihat sejumlah petugas kebersihanyang tengah menyapu area wisata.

Dalam perjalanan kembali ke atas, kami bertemu dengan seorang petugas yang tengah memberi makan monyet dengan ubi manis. Makanan sengaja diberikan pada pagi hari agar monyet-monyet itu tidak mengganggu pengunjung dan pemilik warung karena kelaparan. Di Grojogan Sewu Tawangmangu, pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling.

Musholla dan fasilitas MCK yang memadai juga tersedia di taman wisata Grojogan Sewu yang terawat rapi ini. Bagi para pendaki gunung, dari Tawangmangu mereka dapat memulai pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui Pos Cemorokandang. Dari Tawangmangu, melalui Cemorosewu, juga terdapat jalan tembus ke Telaga Sarangan di Magetan.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Alamat : Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.6615614, 111.1283612, Waze. Harga tiket masuk : Rp.6.000. Rujukan : Peta Wisata Karanganyar, Tempat Wisata di Karanganyar, Hotel di Tawangmangu. Galeri (24 foto) Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar : 1.Pintu gerbang, 2.Grojogan Sewu, 3.Gerbang keluar, 4.Lawu, 5.Menurun 6.Monyet 7.Cungkup 8.Tengara 9.Monyet Pohon … s/d 24.Kuda.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Karanganyar » Grojogan Sewu Tawangmangu
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 18 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap