Gereja Kristen Pasundan Cirebon

Home » Jawa Barat » Cirebon Kota » Gereja Kristen Pasundan Cirebon
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini merupakan Benda Cagar Budaya lainnya yang terletak di Jl. Yos Sudarso, berada diantara Gedung Bank Indonesia dan Gereja Santo Yusuf, sederet dengan gedung yang disebut terakhir. Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini lokasinya berada di pojok Jl. Yos Sudarso No. 10 dengan sebuah jalan kecil, dan foto diambil dari jalan kecil itu.

Gereja Kristen Pasundan
Papan nama yang menunjukkan status gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon sebagai Benda Cagar Budaya, serta tahun 1788, yang merupakan perkiraan tahun pembuatan gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon itu.

Gereja Kristen Pasundan
Bangunan Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini berbentuk segi enam simetris dengan puncak mengerucut. Di samping pintu masuk terdapat sebuah pelat tembaga bertulis huruf berbahasa Belanda menempel dinding, yang sepertinya menunjukkan pemilik rumah sebelumnya, serta tahun pembuatan gedung ini.

Gereja Kristen Pasundan Cirebon
Papan nama Gereja Kristen Pasundan Cirebon yang berada di sisi lain, menunjukkan waktu kegiatan ibadah di Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini.

Gereja Kristen Pasundan Cirebon
Sayang tidak ditemukan catatan sejarah tentang kepemilikan dan pemakaian Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini, serta siapa arsitek pembuatnya. Gereja Kristen Pasundan sendiri adalah sebuah Gereja yang tumbuh kembang di Pulau Jawa bagian barat, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Gereja ini resmi berdiri pada 14 November 1934 dengan Rad Ageng (Majelis Besar) pertama diketuai oleh Penginjil J. Iken dari Nederlandse Zendelings Vereeniging (NZV) dari Belanda, penulis D. Abednego, dan bendahara Tan Goan Tjong.

Gereja Kristen Pasundan Cirebon

Alamat: Jl Yos Sudarso No. 10 Cirebon. Telepon: 0231-207081. Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »