Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto

Bangunan tua Gereja Katolik Santa Barbara di Sawahlunto ini menarik perhatian saya ketika lewat di depannya, sehingga supir pun saya minta berhenti di seberang gedung untuk memotret bangunan gereja dari luar, dan lalu melangkah masuk ke dalam pelataran gereja untuk mencoba peruntungan jika diijinkan memotret bagian dalamnya.

Seorang pria berusia sekitar 30-an tahun datang menyapa, dan setelah mendengar maksud kedatangan saya, ia pun masuk ke dalam untuk meminta ijin dan tidak berapa lama kemudian ia datang kembali dan mengantarkan saya masuk ke dalam ruangan gereja.

Gereja Katolik Santa Barbara
Bangunan Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto yang berada di sudut jalan Yos Sudarso, di seberang samping Wisma Ombilin, dan bersebelahan dengan Sekolah Santa Lucia.

Jalan masuk ke dalam Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto ini berada di sebelah kanan, tidak terlihat pada foto, yang tembus sampai ke halaman dalam Sekolah Santa Lucia. Pintu masuk utama tampaknya hanya dibuka jika sedang berlangsung acara kebaktian gereja, atau perayaan hari besar lainnya.

Gereja Katolik Santa Barbara
Bentuk simetris bangunan depan Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto, dengan lubang-lubang angin berbentuk lengkung berornamen seperti mercu suar di tiga lubang angin di bagian bawah, dan kisi-kisi pada lubang angin di bagian atas.

Gereja Katolik Santa Barbara
Jendela-jendela kaca berbentuk lengkung dengan ornamen garis terdapat di sekeliling tembok Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto sebagai sumber pencahayaan ruangan. Tembok Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto ini tampaknya baru saja dicat dengan warna yang lembut.

Gereja Katolik Santa Barbara
Bagian depan ruangan ibadah di Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto, dengan mimbar, organ, patung Maria dan Yesus.

Gereja Katolik Santa Barbara
Bagian belakang ruang utama Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto, dengan tangga kayu untuk naik ke balkon. Jendela-jendela kaca memberi cahaya yang cukup terang bagi ruangan ini.

Gereja Katolik Santa Barbara
Deretan bangku untuk jamaah Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto yang ditata simetris di sebelah kiri dan kanan ruangan.

Gereja Katolik Santa Barbara
Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto dilihat dari sisi samping sebelah kanan, dengan lubang-lubang angin berjendela kecil pada bagian atap bangunan. Ujung bangunan Sekolah Santa Lucia tampak di sebelah kiri, dan bagian belakang bangunan Wisma Ombilin tampak di seberang gereja.

Gereja Katolik Santa Barbara
Bangunan tua Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto yang dibangun pada tahun 1920-an ini masih tampak cukup anggun, dengan halaman yang asri. Bangunan di samping kanan Gereja Katolik Santa Barbara adalah Gedung Koperasi Ombilin Kota Sawahlunto yang juga dibangun pada era yang sama.

Gereja Katolik Santa Barbara

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.68139,100.77771. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Gereja Katolik Santa Barbara Sawahlunto

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 19 Maret 2017. Tag:

Tulisan sebelumnya : Museum Bank Mandiri Jakarta | Museum Sasmita Loka Ahmad Yani Jakarta | Merubah Lebar Category Widget Drop-Down | 40 Tempat Wisata di Medan | Jembatan Kota Intan Jakarta | Rumah Potong Sawahlunto | 8 Tempat Wisata di Muara Enim |