Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria merupakan salah satu bangunan gereja tua yang indah di Kota Surabaya. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini lokasinya berada di Jl. Kepanjen 4-6, Surabaya, sekitar 1,2 km dari Tugu Pahlawan lewat jalan sedikit memutar.

Jalan Kepanjen di depan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (bernama Gereja Maria Geboorte pada jaman kolonial) tidak begitu ramai lalu lintasnya. Di seberang gereja terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan seperti sate kerang, dan bakso.

Keberadaan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria tidak lepas dari kedatangan dua orang Imam Katolik ke Surabaya pada 12 Juli 1810, yaitu Pastor Hendrikus Waanders dan Pastor Philipus Wedding. Pastor Hendrikus kemudian menetap di Surabaya dan mendirikan stasi pada 1815, yang merupakan stasi kelima di Hindia Belanda, dan kemudian menjadi Paroki Kepanjen pada tahun yang sama. Sedangkan Pastor Philipus ditugaskan di Jakarta.

gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dengan arsitektur bergaya Neo Gothic yang terlihat megah dan indah.

Di atas gerbang masuk utama terdapat rose window yang merupakan salah satu ornamen menonjol pada katedral atau gereja bergaya Gothic. Sebuah sumber menyebutkan bahwa rose window mengungkapkan cita-cita manusia ke arah keutuhan dan kebaikan, serta dikatakan dapat mempengaruhi jiwa, emosi dan perenungan umat.

gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dengan Gambar Yesus di atas relung gerbang.

Gerbang utama Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini diapit dua menara simetri dengan rose window atau jendela roseta berdaun bunga 12 sebagai pusatnya. Di bangunan gereja bergaya Gothic lainnya, jumlah daun bunga pada jendela roseta ini bervariasi antara 8 dan 16 buah, dengan ornamen rumit dan warna-warni indah.

gereja katolik kelahiran santa perawan maria gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria mulai dibangun pada 1899, dengan peletakan batu pertama oleh Pastor Van Santen SJ pada 19 Agustus, namun pilar pondasi pertama telah ditanam pada 18 April 1899. Pemberkatan gedung dilakukan oleh Mgr. Prinsen hampir setahun kemudian, yaitu pada 5 Agustus 1900 jam 08.00 pagi. Pembangunan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini menelan biaya f.165.000.

gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria memiliki sebuah lorong terbuka beratap polikarbonat biru terang di sebelah kiri bangunan gereja dengan patung Yesus di ujungnya, dan bangku-bangku tempat duduk di sisi kanan.

Wabah kolera pada 1821 memberikan momentum bagi perkembangan Katolik di Surabaya disebabkan pelayanan yang diberikan Pastor Waanders dan misionaris lainnya kepada masyarakat yang terkena musibah.

Pastor Waanders kemudian membangun gereja pertama di Surabaya yang diresmikan 22 Maret 1822, terletak di pojok Jl Cendrawasih dan Jl Merak. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dibangun untuk menggantikan gereja pertama tersebut yang kini tidak berbekas lagi.

gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dengan Patung Maria di ruangan bagian depan, dengan sebuah kalimat melingkar berbunyi, “Ya Maria, Semula Jadi Tak Bercela. Doakanlah Kami Yang Berlindung Kepadamu”

gereja katolik kelahiran santa perawan maria gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dengan jendela kaca patri dilihat dari dalam dan ruangan gedung.

Susunan bata yang tidak dilapis semen pada tembok Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini merupakan salah satu ciri bangunan gereja bergaya Neo Gothic.

gereja katolik kelahiran santa perawan mariaGereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria merupakan bangunan tua Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Sayang saya belum sempat melihat bagian dalamnya.

Pihak gereja sendiri tampaknya sangat terbuka untuk menjadikan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria sebagai tempat kunjungan bagi pejalan yang ingin menikmati keindahan arsitektur gedung. Sebuah kebijakan yang sebaiknya dilakukan oleh para pemilik dan pengelola gedung-gedung tua dan tempat-tempat ibadah bersejarah di Surabaya dan di kota-kota lainnya yang belum begitu ramah kepada para pejalan.

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Alamat : Jl. Kepanjeng 4-6, Surabaya. Lokasi GPS : -7.24219, 112.73653, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017. Tag:

Tulisan lainnya : Hotel di Banjarnegara | 18 Tempat Wisata di Denpasar | Curug Bandung Karawang | Hotel Murah di Cirebon | Hotel di Aceh Barat | 110 Peta Wisata Belitung | Pantai Karang Nini Pangandaran | Paseban Tri Panca Tunggal Kuningan | 9 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan | Hotel di Matur |