Gereja Katolik Hati Kudus Yesus

Lokasi Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya berada di Jl. Polisi Istimewa No. 11-15, bersebelahan dengan Gedung Soverdi yang kami kunjungi beberapa saat sebelumnya. Tampaknya sedang tidak ada kegiatan pada siang itu, meskipun ada beberapa mobil terlihat parkir di samping gedung.

Melihat pintu depan tertutup rapat, saya sempat bertanya kepada petugas jaga apakah bisa melihat ke dalam, namun dijawab olehnya bahwa pintunya terkunci. Belakangan seorang teman mengatakan bahwa seharusnya ada akses ke dalam dari pintu samping.

Ada penanda berbentuk lengkung pada bagian depan gedung. Di bawahnya terdapat patung Yesus pada tiang salib berbentuk hati, dengan tulisan berbunyi “Hati Kudus” di bawahnya. Gereja Katolik Hati Kudus Yesus memiliki menara tunggal di sebelah kiri berbentuk segi empat dengan puncak kubah berhias salib. Kaca patri berbentuk segi empat, serta lubang-lubang hawa berada di keempat sisi menara. Deretan kisi memanjang tampak pada bagian depan menara.

gereja katolik hati kudus yesus
Bagian depan bangunan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus berbentuk segitiga mengikuti bentuk atap, khas bangunan kolonial, yang disebut gevel. Pada tengah dinding depan terdapat “anak” atap dan gevel yang lebih kecil. Pada puncak kedua gevel terdapat salib yang menyatu dengan dinding.

Di bawah puncak gevel utama terdapat tiga kolom lubang-lubang hawa berbentuk wajik, sebagian berpelindung pada atasnya dan sebagian lagi polos. Sedangkan pada gevel yang kecil terdapat hiasan kanal-kanal vertikal. Di bagian depan terdapat dua buah pintu yang masing-masing berdaun ganda. Uniknya, masing-masing daun pintu terdapat gerendel bawah yang ditancapkan, yang artinya pintu ini dikunci dari luar, bukan dari dalam.

gereja katolik hati kudus yesus
Kaca patri di atas pintu sebelah kiri, dilihat dari luar, dengan ornamen pohon palm dan salib, serta tulisan 1921, yang merupakan tahun pemberkatan Gereja ini.

Kaca patri di atas pintu sebelah kanan, dengan ornamen bulir-bulir pada, telur dan bendera, gereja, serta tulisan yang tak terbaca. Kaca-kaca patri ini akan terlihat indah jika dilihat dari dalam.

gereja katolik hati kudus yesus
Sebuah lorong aula terbuka di sebelah kiri gedung Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, yang tampaknya digunakan untuk menampung luberan jemaat jika gedung telah penuh. Pada dinding di ujung lorong menempel sebuah lukisan replika “The Last Supper” karya Leonardo da Vinci.

gereja katolik hati kudus yesus
Menara Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, yang selain memiliki kisi-kisi hawa juga terdapat kaca patri vertikal pada bagian bawahnya.

Bagian atas bangunan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus ini juga terlihat artistik.

gereja katolik hati kudus yesusGereja Katolik Hati Kudus Yesus dari sela-sela pepohonan rimbun di depan gedung.

Tahap awal perencanaan pembangunan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus ini dikerjakan oleh Beek dengan biaya 160.000 Gulden. Desain gereja dibuat oleh arsitek ED Cypress Bureu dengan rangka denah empat persegi panjang dan konstruksi Basilika dibangun biro arsitek Hulswit, Fermont.

Peletakan batu pertama pembangunan Gereja Hati Kudus Yesus dilakukan Romo Fleerakkers SJ. pada 11 Agustus 1920, dan pada 21 Juli 1921 Gereja Hati Kudus Yesus serta rumah pasturan diberkati oleh Mgr. Luypen.

Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya

Alamat : Jl. Polisi Istimewa No. 11-15, Surabaya. Lokasi GPS : -7.28075, 112.74230, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Gereja Katolik Hati Kudus Yesus
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 12 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap