Gedung Soverdi Surabaya

Home » Jawa Timur » Surabaya » Gedung Soverdi Surabaya
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Awalnya saya tidak tahu bahwa nama bangunan itu adalah Gedung Soverdi, hanya karena melihat bentuknya yang menyerupai bangunan jaman kolonial, maka saya dan Fani mampir untuk melihat apakah gedung itu memang merupakan salah satu bangunan tua Surabaya.

Halaman Gedung Soverdi cukup luas dengan pepohonan peneduh yang rimbun. Di pojok gedung terdapat pos satpam yang petugas jaganya memperbolehkan saya untuk memotret gedung sampai pada bagian serambi muka. Gedung Soverdi ini berada di Jl Polisi Istimewa No. 9, Surabaya, yang sebelumnya bernama Jl. Soetomo.

gedung soverdiGedung Soverdi merupakan bangunan simetris dua lantai berbentuk seperti huruf U atau bentuk tapal kuda, seperti tampak pada foto udara di blog Surabaya Tempo Dulu, dengan beberapa menara kecil di tengah atas bangunan.

Bangunan dan jendela ganda kisi-kisi hampir sepenuhnya terpapar cahaya matahari dan hujan secara langsung. Pada pintu masuk utama terdapat atap beton lengkung yang sedikit menjorok keluar, demikian juga pada pojok bangunan dengan ukuran yang lebih kecil.

Gedung Soverdi ternyata memang merupakan salah satu Bangunan Cagar Budaya Surabaya, meskipun tidak saya temukan ada plakat pada dinding tembok bagian luarnya.

gedung soverdiGedung Soverdi pada pintu masuk utama bangunan yang tampaknya selalu terbuka, pertanda keramahan kepada tamu yang datang, dengan tulisan SOVERDI di bawah atap teras.

SOVERDI merupakan kependekan dari Societas Verbi Divini (The Society of the Divine Word) dan sering disingkat SVD, sebuah Ordo Gereja Katolik Roma yang didirikan pada 1875 di Steyl, Belanda, oleh Santo Arnoldus Janssen. Saat ini misionarisnya telah tersebar di 70 negara. Di Indonesia, SVD juga menggunakan nama Serikat Sabda Allah.

gedung soverdiGedung Soverdi dengan sepasang kaca patri di kiri kanan pintu masuk yang warnanya tidak terlihat jika dipandang dari luar pada siang hari. Setelah melihat kaca patri ini dari dalam, saya bisa membayangkan keindahannya jika dilihat dari luar saat lampu ruangan menyala terang.

gedung soverdiGedung Soverdi pada kaca patri dilihat dari dalam ruangan tamu, yang terlihat indah saat terkena cahaya matahari. Pada bagian atas terdapat huruf St J, yang merupakan inisial Santo Arnoldus Janssen, pendiri SVD.

gedung soverdiGedung Soverdi pada ruang tamu dengan satu set kursi dan meja di tengah ruangan. Pada dinding bagian atas terdapat patung Yesus pada tiang salib, dua foto pendeta berwajah Eropa tanpa keterangan, dua foto pendeta berwajah Indonesia di bawahnya, serta sebuah patung Yesus.

Pada 20 Januari 1913, misionaris SVD pertama tiba di Atapupu, pulau Timor. Ia adalah P. Piet Noyen, seorang misionaris Belanda yang memiliki minat besar untuk berkarya di Indonesia. Pada 1 Maret 1913 terjadi penyerahan stasi misi Atapupu dan Fialaran (Lahurus) dari para pendeta Yesuit ke para misionaris SVD. Dari sanalah ordo SVD berkembang ke tempat-tempat lain di Indonesia.

gedung soverdiGedung Soverdi dari sisi yang lain. Pada ujung foto adalah bagian dari kompleks Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, sedangkan di ujung yang lain adalah Gedung St Louis.

Bangunan ini sebelumnya milik Biara Bruderan Aloysius (Bruderan CSA) yang sempat ditawarkan ke berbagai pihak saat mereka memutuskan menutup misinya di Surabaya pada 1975. Namun dengan dukungan Uskup Surabaya saat itu, Mgr J. Kooster, pengurus Bruderan CSA setuju untuk menyerahkan gedung ke SVD sesuai dengan harga jual rumah Soverdi di Jl Jimerto, yang sebelumnya dibeli dari Konggregasi Susteran SSpS.

gedung soverdiGedung Soverdi pada sisi sebalah kanan. Gedung Soverdi ini dibangun pada 1925, dan merupakan salah satu karya biro arsitek terkenal dari Batavia, yaitu Hulswit, Fermont & Ed. Cuypers.

Gedung Soverdi resmi menjadi milik SVD pada 1 Januari 1975, meskipun rumah di Jl Jimerto baru terjual pada 9 Mei 1975, dibeli oleh Markus Alim, pemilik perusahaan Maspion.

Gedung Soverdi

Alamat: Jl. Polisi Istimewa 9, Surabaya. Lokasi GPS: -7.28078, 112.74239. Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »