Gedung PTPN XI Surabaya

Gedung PTPN XI, PT Perkebunan Nusantara XI, merupakan gedung peninggalan jaman Belanda yang masih terlihat cantik dan terpelihara dengan baik. Gedung PTPN XI yang berada di Jalan Merak No. 1 Surabaya ini merupakan gedung tua pertama yang saya kunjungi hari itu.

Halaman Gedung PTPN XI ini cukup luas, dengan taman yang ditanam rumput menghijau segar dan pepohonan pakis, palem dan beberapa jenis pohon lain yang memberi kesan yang sejuk. Tembok yang tidak terlalu tinggi membatasinya dengan taman luar di tepi jalan di depannya.

Gedung PTPN XI pernah menjadi lokasi perundingan antara Moestopo dan AWS Mallaby, sebelum meletusnya peristiwa 10 November, terkait ancaman Sekutu kepada rakyat Surabaya untuk menyerahkan senjata. Gedung PTPN XI ini memang pernah menjadi markas BKR dibawah Drg. Mustopo, serta Markas AD Jepang pada jaman pendudukan.

gedung ptpn xi
Bagian tengah Gedung PTPN XI. Pilar-pilar yang cukup tinggi, delapan buah di bagian depan, menyangga bagian depan bangunannya. Tiang bendera terasa sedikit mengganggu, mungkin akan lebih indah jika ditanam di atas gedung.

gedung ptpn xi
Jam dinding di bagian depan Gedung PTPN XI yang berhiaskan pola-pola konsentrik yang indah dan pola dedaunan di bagian atasnya.

gedung ptpn xi
Bagian depan Gedung PTPN XI ini dibangun dengan pola yang simetris di sayap kiri dan kanan bangunannya. Perancangnya adalah biro arsitek Batavia yang terkenal pada masa itu, yaitu Hulswit, Fermont & Ed. Cuypers.

gedung ptpn xi
Pagar tembok rendah dan taman luar Gedung PTPN XI yang tampak dipelihara dengan baik.

Pembangunan Gedung PTPN XI ini dimulai pada 1911 dan selesai dikerjakan pada 1921, namun peresmiannya sendiri baru dilakukan pada 18 April 1924.

gedung ptpn xiGedung PTPN XI ini semula adalah merupakan gedung Namblodse Venotschaaf Handels Vereeniging Amesterdam, sebuah perusahaan perkebunan milik Hindia Belanda yang mengontrol produksi gula di wilayah ini.

Gedung ini menjadi Gedung PTPN XI setelah Pemerintah Indonesia melakukan nasionalisasi perusahaan perkebunan asing yang dimiliki Hindia Belanda pada 1958.

gedung ptpn xi

gedung ptpn xi
Ornamen bulat, lengkung dan persegi di sayap bangunan Gedung PTPN XI. Dengan biaya murah, dan dengan tangan besi, pada tahun 1930-an Pemerintah Hindia Belanda menjadi pengekspor gula terbesar di dunia setelah Kuba, dengan 167 pabrik yang menghasilkan 8 juta ton gula per tahun.

gedung ptpn xi
Pilar-pilar berornamen di bagian depan Gedung PTPN XI.

gedung ptpn xiGedung PTPN XI tampak sepi ketika itu, sehingga saya tidak menyangka bahwa Gedung PTPN XI sebenarnya telah dikelola sebagai tempat wisata bangunan tua. Lantaran ketidaktahuan itu saya pun tidak berusaha untuk masuk ke dalam gedung, padahal interiornya sangatlah indah. Mudah-mudahan di lain waktu.

Gedung PTPN XI Surabaya

Alamat : Jalan Merak No. 1, Surabaya. Lokasi GPS : -7.23775, 112.73497, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Gedung PTPN XI Surabaya

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017. Tag: , ,