Gedung PTBA Sawahlunto

Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Gedung PTBA Sawahlunto
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Gedung PTBA Sawahlunto merupakan bangunan tua lainnya di kota kaya tambang yang cadangan batubaranya semakin sulit ditambang ini. Gedung PTBA Sawahlunto, yang berlantai dua dan memiliki menara tinggi di tengahnya itu, masih terlihat berdiri dengan gagah ketika saya berkunjung ke sana.

Gedung PTBA Sawahlunto
Gedung PTBA Sawahlunto dengah halaman depan yang luas, berlatar kawasan perbukitan yang mengelilingi Kota Sawahlunto. Jendela berbentuk kotak menghias dinding depan Gedung PTBA Sawahlunto, dengan ornamen lengkung di dua bagian. Sebuah jam dinding tampak menempel di menara gedung.

Gedung PTBA Sawahlunto
Di pinggir halaman Gedung PTBA Sawahlunto terdapat sebuah taman yang cukup rindang, dengan pepohonan besar dan beberapa Pohon Kelapa Sawit, serta area bermain.

Gedung PTBA Sawahlunto
Gedung PTBA Sawahlunto terlihat sepi pada siang itu.

Pada awal tahun saat tulisan ini dibuat, diberitakan bahwa telah terjadi pemindahan 111 karyawan PTBA ke 3 lokasi lain di Palembang dan Lampung. Meskipun cadangan batubara diperkirakan masih 100 juta ton lagi, namun penambangannya tampaknya memerlukan investasi yang cukup besar.

Gedung PTBA Sawahlunto
Sekelompok anak-anak berseragam tampak tengah bermain di sekitar patung pekerja tambang, dibimbing oleh guru-gurunyanya.

Gedung PTBA Sawahlunto
Penanda pada dinding depan Gedung PTBA Sawahlunto yang menyebutkan bahwa gedung ini dibangun pada 1916 dengan nama “Ombilin Meinen”, yang berfungsi sebagai Kantor Pertambangan, sampai sekarang.

Gedung PTBA Sawahlunto
Gedung PTBA Sawahlunto yang masih berdiri dengan gagah ini telah mengalami masa-masa kejayaan pertambangan batubara di Sawahlunto, dan turut pula menjadi saksi pada masa-masa surutnya. Karenanya beralasan jika pemerintah daerah terlihat cukup serius dalam mengembangkan dan menjadikan Kota Sawahlunto menjadi tempat tujuan wisata yang digemari di wilayah Sumatera Barat.

Gedung PTBA Sawahlunto

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS -0.67977, 100.77732. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »