Gedung Pengadilan Agama Kota Binjai

Gedung Pengadilan Agama Kota Binjai yang beralamat di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, bersebelahan dengan Mapolres Binjai, adalah merupakan bangunan peninggalan dari jaman penjajahan Belanda.

Gedung Pengadilan Agama Binjai memiliki sebuah kubah besar, dengan luas bangunan 552,25 m2 yang berdiri di atas tanah seluas 3.836 m2 (56×68,5 m). Gedung yang telah ditetapkan sebagai benda Cagar Budaya ini terdiri dari satu ruang sidang utama, ruang keuangan, ruang mediasi, dan museum rumah keadilan.

Selain bangunan peninggalan kolonial itu, di Gedung Pengadilan Agama Binjai dulu ada dua meriam kuno yang sekarang sudah dipindahkan ke kantor Pengadilan Negeri di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat.

Berdasarkan surat keputusan Badan Urusan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia tertanggal 29 Oktober 2008, gedung yang sebelumnya menjadi kantor Pengadilan Negeri Binjai itu menjadi tanah dan bangunan gedung kantor Pengadilan Agama Binjai.

Gedung Pengadilan Agama BinjaiAlamat : Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. Lokasi GPS : 3.6003178, 98.485533, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Binjai, Tempat Wisata di Medan, Peta Wisata Medan, Hotel di Medan

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Gedung Pengadilan Agama Kota Binjai

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.