Gedung Koperasi Ombilin Sawahlunto

Gedung Koperasi Ombilin letaknya berada di samping Wisma Ombilin, di sudut Jl. Yos Sudarso dan Jl. A. Yani, Sawahlunto. Selain menjadi Gedung Koperasi Karyawan Tambang Batubara Ombilin, Gedung Koperasi Ombilin ini sekarang digunakan sebagai Warung, Mini Market dan Apotek dan Toko.

Gedung Koperasi Ombilin
Papan nama “Waroeng” dan “Mini Market” terlihat lebih menonjol ketimbang papan nama “Koperasi Karyawan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto” yang berada di ujung kiri, sehingga semula saya tidak menduga bahwa gedung tua ini adalah Gedung Koperasi Ombilin.

Bangunan di sebelah kirinya adalah Gedung Gereja Santa Barbara. Gedung Koperasi Ombilin terlihat cukup indah, tanpa adanya kabel-kabel telepon dan listrik yang bergelantungan secara sembarangan. Membutuhkan waktu cukup lama untuk melenyapkan kabel-kabel itu, dengan Photoshop…

Gedung Koperasi Ombilin
Gedung Koperasi Ombilin, dengan kabel-kabel telepon dan listrik yang centang perenang. Entah kapan PLN dan pemerintah Kota Sawahlunto bisa merapikan kabel-kabel yang merusak pemandangan itu.

Gedung Koperasi Ombilin
Gedung Koperasi Ombilin dilihat dari Jl. A. Yani. Di ujung kiri adalah bangunan depan Wisma Ombilin Sawahlunto.

Gedung Koperasi Ombilin
Gedung Koperasi Ombilin pada malam hari. Gedung Koperasi Ombilin ini dibangun pada 1920 dengan nama Koperasi “Ons Belang”, yang ditujukan untuk melayani kebutuhan orang-orang Belanda dan Indo-Belanda yang sedang berada di Sawahlunto.

Gedung Koperasi Ombilin

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.68268, 100.77726. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Gedung Koperasi Ombilin Sawahlunto
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap