Gedung Hotel Ibis Surabaya

Gedung Hotel Ibis Surabaya yang berada di Jl. Rajawali No. 9-11, Surabaya, adalah bangunan Cagar Budaya lainnya yang sempat saya kunjungi bersama Apey dan Fani. Gedung Hotel Ibis berada di jalan yang cukup sibuk, dengan mobil dan angkot melintas setiap beberapa detik sekali.

Angkot yang ngetem di seberang jalan depan hotel juga hampir selalu ada, berbagi lahan dengan gerobak para penjual makanan minuman yang mangkal di tepi trotoar.

Gedung Hotel Ibis Surabaya dibangun pada tahun 1913-an namun belum diketahui siapa arsitek yang merancangnya. Gedung ini dibuat dengan rancangan simetris sempurna, dilengkapi menara kembar pendek di kedua sisinya. Komposisi simetris Gedung Hotel Ibis ini menjadi salah satu ciri bangunan kolonial klasik.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis memiliki pintu masuk luar lengkung bermahkota yang mengambil bentuk lengkung yang sebelumnya ada di bawah menara pendek yang keduanya sekarang dibuka lebar untuk jalan masuk mobil ke tempat parkir hotel.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis yang masih relatif aseli ada di bagian depan, sedangkan menara di belakang bangunan lama ini adalah bangunan baru yang dibuat oleh hotel.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis yang sekarang menggunakan kanopi pada jendela balkon selasar setengah lingkarannya yang tidak ada pada bangunan aselinya. Kayu penjepit diantara kaca yang sebelumnya tebal dan hanya berjumlah dua menyilang, kini menjadi tipis dan berjumlah tiga dan tegak.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis dengan pintu lebar di bawah menara pendek sebelah kiri. Dasar lantai Gedung Hotel Ibis pun tampaknya dinaikkan dari lantai bangunan aselinya.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis dengan dinding tebal seperti sebuah benteng pertahanan. Bentuk yang banyak dijumpai pada bangunan lama peninggalan kolonial.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis pada bagian lobby hotel. Tidak diketahui mana bagian yang masih aseli dan mana yang baru.

gedung hotel ibisGedung Hotel Ibis sebelumnya adalah kantor Geo Wehry & Co, sebuah perusahaan swasta jaman Hindia Belanda yang didirikan George Wehry, bergerak di bisnis perkebunan dan eksport – import.

Gedung Hotel Ibis Surabaya

Alamat : Jl. Rajawali No. 9-11, Surabaya. Lokasi GPS : -7.23609, 112.73668, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Gedung Hotel Ibis Surabaya
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap