Gedung Cafe Batavia Jakarta

Letak Gedung Cafe Batavia berada di pojok sisi Barat Utara Taman Fatahillah, berseberangan dengan Museum Fatahillah di daerah Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl Pintu Besar Utara 14, Jakarta Barat.

Gedung cantik berlantai dua yang merupakan gedung tua di sekitar Taman Fatahillaih ini dibangun antara tahun 1805 dan 1850, dengan arsitektur rumah-toko Cina. Dulu terdapat jajaran tiang besi ramping di bagian bawah bangunan yang menopang lantai di atasnya.

Jajaran tiang-tiang besi itu masih bisa dilihat pada pola jendela-jendela jalusi tinggi yang berjajar di sepanjang muka lantai dua bangunan tua ini.

Sejak 1993 gedung ini dibeli oleh Graham James dan mulai digunakan sebagai Cafe Batavia, sebuah resto dan bar dengan nuansa tempo dulu dengan interior asli yang digunakan sejak dari jaman kolonial. Perabotan yang masih asli itu diantaranya adalah kursi, meja rias, kipas angin, dan buffet.

Pada dinding Cafe dipajang sekitar 500 buah foto koleksi Graham James, foto tokoh-tokoh dunia dari 1940 sampai 1960-an, foto Gubernur Jenderal Belanda, Foto Sarah Vughan dari tahun 1959, foto Presiden Soekarno, R.A Kartini, dll.

Menu Indonesia seperti Gado-gado, Nasi Uduk, Soto Betawi, bisa dijumpai di sini. Juga menu Chinese dan Western food.

Akses bisa naik Bus TransJakarta Koridor 1 Blok M – Kota, turun di Halte Kota, lanjut jalan kaki atau naik ojek sepeda.

Cafe Batavia Jakarta

Alamat : Jl Pintu Besar Utara 14, Taman Fatahillah, Kota, Jakarta Barat. Telp 021-6915531, 691-5334. Lokasi GPS : -6.134501, 106.81281, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : Senin s/d Jumat: 08.00 – 01.00, Sabtu – Minggu: 08.00 – 02.00. Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Barat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Barat » Gedung Cafe Batavia Jakarta
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap