Gedung Bundar Cirebon

Gedung Bundar Cirebon adalah salah satu dari sekian banyak bangungan peninggalan dari jaman kolonial di kota yang dahulu dikenal sebagai Kota Udang ini. Gedung itu merupakan sebuah bangunan kuno unik berukuran kecil berbentuk persegi enam simetris beratap seng mengerucut, dengan sebuah pintu masuk yang rendah di salah satu sudutnya.

Gedung Bundar Cirebon

Alamat : Jl. Kebumen, Cirebon. Lokasi GPS : -6.720268, 108.570647, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Gedung Bundar Cirebon letaknya berada di jalan yang sama dengan Gedung Cipta Niaga Cirebon, Jl. Kebumen, di pojok sebuah taman kecil. Sayangnya pada saat kami mampir ke sana, kondisi bangunan itu dalam keadaan yang kurang terawat, padahal mestinya bisa terlihat cantik, meski berukuran mungil.

Bergantinya pejabat memang sering berakibat langsung pada hilangnya perhatian untuk bangunan semacam ini. Oleh karenanya peran masyarakat menjadi penting, karena meski walikota atau bupati berganti, namun warga relatif tetap yang itu juga. Suara warga untuk memperhatikan benda cagar budaya tentu saja tak bisa diabaikan begitu saja oleh pejabat.

Gedung Bundar
Papan tengara Gedung Bundar yang sebagian tertutup oleh coret-coret, menunjukkan statusnya sebagai Benda Cagar Budaya, dengan tahun pembuatan 1920.

Gedung Bundar
Gedung Bundar Cirebon yang bentuknya unik, namun sayang sekali juga telah dipenuhi dengan corat-coret tulisan, yang membuatnya seperti sebuah gedung tak bertuan.

Gedung Bundar
Lubang pintu masuk ke dalam gedung yang tidak seberapa tinggi. Papan yang menempel pada dinding berbunyi “Koperasi Warga Pedagang Kaki Lima, MAJU BARENG”. Alamat yang tertera di sana adalah Jl. Merdeka No. 1, Cirebon, namun tampaknya bukan nama jalan dimana bangunan Gedung Bundar Cirebon ini berada.

Gedung Bundar
Tidak ditemukan tulisan lain pada dinding atau di sekitar Gedung Bundar Cirebon yang menceritakan tentang sejarah pembuatan dan pemakaian Gedung Bundar Cirebon ini. Saya tidak berhasil pula menemukan informasi di web mengenai asal-usul Gedung Bundar Cirebon ini.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Cirebon Kota » Gedung Bundar Cirebon
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 28 Juni 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap