Gedung BP7 Jakarta

Gedung BP7 Jakarta berada di Jl. Pejambon No. 2 Kelurahan dan Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, yang saat ini dimiliki Sekretariat Negara RI. Arsitek Gedung BP7 yang dibangun pada sekitar 1830-an itu adalah Ir. J. Tromp, bergaya Amsterdam School.

Semula gedung ini merupakan Gardu Jaga yang menjadi bagian rumah kediaman Panglima Angkatan Bersenjata Hindia Belanda.

Setelah tahun 1918, Gardu Jaga dan bangunan utama kediaman Panglima Angkatan Bersenjata Hindia Belanda itu digunakan sebagai Gedung Volksraad (Dewan Rakyat).

Pada akhir masa pendudukan Tentara Jepang, Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai / Badan Penyidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) menyelenggarakan pertemuan di gedung ini yang berlangsung pada bulan Mei-Juli 1945, untuk melakukan persiapan Kemerdekaan R.I dan pembuatan UUD.

Di gedung inilah Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno merumuskan kalimat-kalimat dalam pembukaan UUD’45.

Pada jaman Orde Baru, gedung yang letaknya di sebelah Gedung Kementrian Luar Negeri ini digunakan sebagai Kantor Pusat Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP 7).

Gedung BP7 Jakarta

Alamat : Jl. Pejambon No. 2 Kelurahan dan Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.
Lokasi GPS : -6.175308, 106.833356, Waze ( smartphone Android dan iOS ).
Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Pusat » Gedung BP7 Jakarta
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap