Gedung Bank Mandiri Surabaya

Home » Jawa Timur » Surabaya » Gedung Bank Mandiri Surabaya
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Gedung Bank Mandiri Surabaya merupakan gedung tua Surabaya lainnya yang masih terlihat kokoh dan cukup cantik. Gedung Bank Mandiri Surabaya berdiri di sebuah sudut di pertemuan Jl. Pahlawan dan Jl. Kebun Rojo, menghadap taman kecil yang subur. Ketika datang pertama kali ke Gedung Bank Mandiri Surabaya, suasana di depan gedung sangat ramai dengan orang karena adanya pasar kaget di sepanjang pinggir jalan di pertemuan Jl. Pahlawan dengan Jl. Kebun Rojo ini.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dilihat dari perempatan lalu lintas di Jl Kebon Rojo. Menara Gedung Bank Mandiri Surabaya di sebelah kiri tampak menonjol dengan sebuah jam di setiap sisi di bawah kubahnya.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya tampak seperti dikepung oleh kerumunan orang, dengan tenda-tenda lapak yang berwarna-warni. Sangat sulit untuk berjalan di depan Gedung Bank Mandiri Surabaya ini tanpa bersenggolan dengan orang yang berseliweran.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dengan sebuah tengara di salah satu bagian di tembok depannya, diambil dari sela-sela kerumunan orang.

Tengara ini menyebutkan bahwa Gedung Bank Mandiri Surabaya sebelumnya bernama Gedung Lindeteves, dibangun pada 1913 (sumber lain menyebut 1911), pernah menjadi gudang peralatan perang Jepang, Kihatama Butai (bengkel kendaraan tempur, kavaleri), dan dari gedung ini arek-arek Suroboyo mendapatkan tank dan panser.

Peristiw penyerbuan arek-arek Suroboyo itu terjadi pada 12 September 1945 dipimpinan Isa Edris dan Suprapto, yang berhasil merebut 23 tank, meskipun hanya 8 yang berfungsi, serta belasan pucuk senjata berat.

Gedung Bank Mandiri Surabaya ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya dengan No. Urut 35 pada tahun 2008.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dengan sebuah tengara lain yang isinya tidak jauh berbeda dengan tengara pertama, hanya dilengkapi dengan versi Bahasa Inggris di bawahnya.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya pada bagian dinding luar atas dengan lampu dinding kotak segi empat berbentuk meruncing ke bawah.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dengan menara tinggi berornamen lengkung di bagian tengah, tonjolan seperti balkon di atasnya dan jam-jam dinding di bawah kubahnya. Mudah-mudahan ada kesempatan di lain waktu untuk masuk ke dalam menara jam ini.

Rumah-rumahan kaca berjeruji sebagai sumber cahaya menjadi ornamen manis di atap Gedung Bank Mandiri Surabaya ini.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dengan gerbung masuk lengkung berdinding tebal di bagian depan. Logo Bank Mandiri dan Bendera Merah Putih terlihat serasi dan cantik.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya diambil dari dalam kendaraan yang melaju pada hari lain, ketika langit berwarna kebiruan dengan sedikit potongan awan putih mengambang.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya dengan pintu gerbang depannya yang tidak bisa diambil pada hari sebelumnya karena tertutup oleh lapak-lapak pedagang kaki lima.

gedung bank mandiri surabayaGedung Bank Mandiri Surabaya yang telah bersih dari lapak ketika beberapa buah sepeda motor dan angkutan umum melintas di depannya.

Gedung Bank Mandiri Surabaya ini dirancang Biro Arsitek Hulswit, Fermont dan Ed. Cuypers dari Batavia dan menjadi Kantor N.V Lindeteves-Stokvis. Gedung Lindeteves ini pada 1993 digunakan oleh Bank Niaga, dan baru digunakan sebagai Gedung Bank Mandiri pada tahun 2001.

Gedung Bank Mandiri

Alamat: Jl. Pahlawan Surabaya. Lokasi GPS -7.24349, 112.73842. Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »