Gedung Bank Mandiri Cirebon

Kota Cirebon sangat kaya dengan gedung-gedung tua peninggalan jaman kolonial Belanda. Ini bisa dimaklumi karena lokasi strategis Kota Cirebon sebagai kota pelabuhan sangatlah penting artinya bagi roda perekonomian pemerintah kolonial Belanda. Hingga saat ini pun kota yang dulu kaya udang itu masih menjadi pusat ekonomi penting di kawasan pantai utara Jawa.

Salah satu gedung tua di Kota Corebon adalah Gedung Bank Mandiri Cirebon yang terletak di pojokan Jl. Kantor No.4, Cirebon, bersebelahan dengan Klenteng Dewi Welas Asih, dan berseberangan dengan Gedung BAT, yang juga merupakan sebuah gedung tua.

Semua gedung tua yang ada di wilayah Cirebon mungkin saat ini sudah berstatus Cagar Budaya yang dilindungi undang-undang. Meski sudah merupakan langkah yang sangat penting, namun tak kalah pentingnya adalah pengawasannya serta penegakan perlindungannya, agar jangan sampai terjadi perubahan pada bangunan yang menyebabkan kehilangan bentuk aslinya.

Gedung Bank Mandiri Cirebon
Tampak samping Gedung Bank Mandiri Cirebon di Jl. Kantor. Gedung bertingkat ini masih terlihat kokoh dan anggun, dengan sebuah menara kecil di puncaknya dan bentuk lengkung geometris di bawahnya. Di bagian depan atas, sejajar lurus dengan pintu masuk, terdapat konstruksi mencuat di atas genteng yang berpuncak segitiga dengan ornamen di sepanjang sisinya.

Gedung Bank Mandiri Cirebon
Masalah klasik bagi pemotret adalah kabel-kabel telepon dan kabel listrik yang sangat mengganggu pemandangan. Bandingkan dengan gambar pertama yang kabel-kabelnya telah ‘dihilangkan’, yang tentu lebih sedap dipandang mata. Tampaknya petinggi PLN, petinggi Telkom, serta pemerintah daerah, perlu bersinergi untuk menciptakan keindahan kota dengan menanam kabel di bawah tanah, dan memperhatikan letak lampu-lampu jalan.

Sayang saya tidak bisa menemukan informasi mengenai sejarah Gedung yang sekarang digunakan sebagai salah satu kantor cabang Bank Mandiri Cirebon ini. Sebaiknya website Bank Mandiri, dan website bank atau perusahaan lain yang saat ini menggunakan gedung-gedung tua, menambahkan sebuah halaman yang menceritakan tentang riwayat gedung yang mereka tempati itu.

Gedung Bank Mandiri Cirebon

Alamat : Jl. Kantor No. 4, Cirebon. Lokasi GPS : -6.7182, 108.5702, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Cirebon Kota » Gedung Bank Mandiri Cirebon

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017. Tag: , ,

Tulisan sebelumnya : 14 Tempat Kuliner di Tangerang | Hotel di Pangkalan Bun | 9 Tempat Wisata Kuliner Belitung Timur | Bakso Pekih Purwokerto | Mengatasi Masalah Margin Mac – Windows PC | Museum Pos Indonesia Bandung | Mie Belitung Atep Tanjung Pandan |