Gedung Bank Indonesia Padang

Gedung Bank Indonesia ini berada di samping Jembatan Siti Nurbaya, di Jalan Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat. Gedung bergaya kolonial, yang ketika itu tampak sangat bersih dan rapi seperti baru selesai dipugar, sangat menarik perhatian saya ketika tengah berhenti untuk memotret jembatan Siti Nurbaya dari arah samping.

Meski pun pintu-pintunya nampak tertutup, namun saya sempat masuk ke halaman gedung untuk memastikan bahwa gedung itu merupakan sebuah gedung tua di Kota Padang. Saat itu saya belum tahu bahwa gedung yang hanya bertuliskan Bank Indonesia itu akan atau telah dijadikan sebuah museum. Entahlah apa kah museumnya sudah dibuka saat saya berada di sana akhir tahun lalu.

Gedung Bank Indonesia
Sebuah tengara yang ditempel di dinding depan Gedung Bank Indonesia yang memastikan bahwa gedung ini memang merupakan sebuah gedung tua, dan telah dijadikan sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Gedung Bank Indonesia
Undakan menuju pintu masuk ke dalam Gedung Bank Indonesia, dengan pintu berhias kaca warna di tengah, serta di kiri kanan serta bagian atas pintunya. Pintu yang tertutup rapat membuat saya tidak berpikir untuk naik ke atas dan mencoba membukanya.

Gedung Bank Indonesia
Bagian teras depan gedung, dengan tengara Cagar Budaya menempel di tembok sebelah kanan, undakan ke pintu utama, dan sebuah lampu gantung antik di langit-langitnya.

Gedung Bank Indonesia ini dibangun antara 1930-1940, dan digunakan sebagai gedung De Javashe Bank sebelum diambil alih pemerintah republik. Meskipun ada yang menyebut bahwa Gedung ini telah menjadi Gedung Museum Bank Indonesia, namun saya tidak menemukan berita tentang peresmiannya.

Gedung Bank Indonesia
Bagian samping Gedung Bank Indonesia dengan dinding tembok bangunan tinggi yang juga terlihat bersih, dan jalur pejalan kaki yang rapi.

Gedung Bank Indonesia
Kawasan dimana Gedung Bank Indonesia berada merupakan kawasan Kota Tua Padang. Spanduk yang menempel pada dinding Gedung Bank Indonesia dan mengganggu pemandangan itu menyebutkan akan diselenggarakannya workshop rehabilitasi kawasan Padang Lama. Semoga workshop-nya sukses, dan tindakan nyata telah dilakukan saat ini.

Gedung Bank Indonesia

Alamat: Jalan Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.96437, 100.35842. Tempat Wisata di Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel di Padang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Gedung Bank Indonesia Padang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 19 Maret 2017. Tag: , ,