Gedung Balaikota Bogor

Gedung Balaikota Bogor lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Kota Bogor, merupakan gedung warisan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1868. Semula nama bangunan ini adalah Societeit, lalu setelah merdeka menjadi markas Korem Surya Kencana, dan sejak 1975 menjadi Gedung Balaikota Bogor.

Gedung Balaikota berada di atas tanah seluas 9.060 m², dengan luas bangunan 2.639,70 m². Bangunannya sendiri sudah pernah direnovasi dengan memasukkan gaya arsitektur Sunda. Atap gedung relatif rendah, tampaknya karena iklim Bogor yang dingin dan sering turun hujan, sehingga tidak perlu atap yang tinggi.

Di bagian depan gedung terdapat pilar-pilar yang memberi aksen kuat pada sosok gedung.

Selain Gedung Balaikota, di dalam kompleks Gedung Balaikota juga ada bangunan Masjid At-taqwa, kompleks perkantoran, Gedung Kemuning Gading, dan gedung rapat.

Gedung Balaikota BogorAlamat : Jalan Ir. H. Juanda No.10, Kota Bogor. Lokasi GPS : -6.59517, 106.793873, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Gedung Balaikota Bogor

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.