Gedung Balai Seni (Wisma Seni) Jakarta Pusat

Gedung Balai Seni Jakarta (Wisma Seni) berada di Jl. Merdeka Timur No. 14, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, merupakan bangunan cagar budaya yang dahulu bernama Carpentier Alting Stichting. Gedung ini dibangun sekitar tahun 1902-1903, terbuat dari tembok tebal dan atap genteng.

Setelah jaman kemerdekaan gedung ini masih dipertahankan hingga saat ini. Setelah meletusnya peristiwa 30-S-PKI, gedung ini pernah dipakai sebagai markas KAPPI dan KAMI dalam rangka penumpasan gerakan pemberontakan itu.

Bangunan induk Gedung Balai Seni (Wisma Seni) Jakarta berada di tengah menghadap ke barat, dan ada satu lagi bangunan bertingkat dua berada di sisi sebelah utara menghadap ke arah selatan. Kedua bangunan masih asli, namun ada bangunan baru di bagian belakang sisi utara.

Bangunan induk digunakan sebagai tempat pameran tetap, sedangkan bagian depan digunakan sebagai taman. Luas bangunan keseluruhan adalah 2.636 m2, di atas lahan seluas 12.100 m2. Gedung Balai Seni sekarang digunakan sebagai gedung Galeri Nasional.

Gedung Balai Seni JakartaAlamat : Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.180705, 106.832685, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Gedung Balai Seni (Wisma Seni) Jakarta Pusat

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 18 Juli 2017.