Gedung Balai Kota Cirebon

Gedung Balai Kota Cirebon berada di Jl. Siliwangi No. 84, sekitar 300 m dari Stasiun Kejaksaan Cirebon. Gedung ini mulai dibangun April 1926 dan selesai pada September 1927. Pembangunan gedung diprakarsai Jeskoot, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Stadsgemeente Cheribon, dirancang oleh H.P Hamdl dan C.F.H. Koll, berbentuk anjungan kapal berhias empat ekor udang di atasnya.

Gedung tua antik yang berlantai dua ini dibangun di atas tanah seluas 15.770 m2, konon dilengkapi dengan sebuah terowongan bawah tanah. Bangunan ini pernah digunakan sebagai gedung Raadhuis (Dewan Perwakilan Kota) pada jaman kolonial.

Di jaman pendudukan bala tentara Jepang hingga era kemerdekaan, Gedung Balai Kota Cirebon digunakan sebagai pusat Pemerintahan Kota Cirebon.

Bangunan tua seperti ini, meski peninggalan kolonial sekalipun, wajib dijaga sebagai bagian dari perjalanan sejarah, yang membuat orang kemudian bisa belajar darinya.

Gedung Balai Kota CirebonAlamat : Jl. Siliwangi No. 84, Cirebon. Lokasi GPS : -6.70691, 108.55819, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Gedung Balai Kota Cirebon

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.