Galeri F. Widayanto Jakarta

Adalah seorang teman baik yang memberikan informasi dan lalu menyarankan saya untuk mengunjungi Galeri F. Widayanto Jakarta di Jl. Setiabudi II no. 11 yang ketika itu tengah memamerkan karyanya yang bertema “China Dream”. Saya ikuti saran itu, dan dengan cara itulah saya mengenal karya indahnya yang tersohor itu.

F. Widayanto telah berhasil membangun namanya dengan kreativitasnya yang mencengangkan pada tanah liat dan keramik. Tidaklah sulit menemukan letak galeri, meski sempat bertanya arah ketika telah berada di Jl. Setiabudi. Saat memasuki ruang galeri yang cukup luas dan nyaman, segera terlihat karya-karya Widayanto sebelumnya.

Ada patung porselen tokoh Semar dengan beragam gaya dan ornamen yang mendapat sambutan sangat baik dari para kolektor benda seni. Ada pula patung-patung lainnya, serta berbagai koleksi keramik berukuran kecil untuk hadiah dan suvenir, keramik penghias interior rumah, dan perlengkapan kamar mandi dari keramik yang ditata apik.

galeri f widayanto jakarta
Tiga pasang patung menawan dari koleksi China Dream di Galeri F. Widayanto Jakarta dengan garis raut wajah, dandanan rambut, pakaian dan ornamennya yang khas bergaya oriental. Patung-patung ini tampak dikerjakan tangan terampil dengan teliti, baik garis wajah, pakaian, maupun kombinasi warnanya yang menghasilkan detil menarik dan indah.

Koleksi China Dream dipamerkan di ruang berdinding kaca yang bersebelahan dengan ruang utama, menghadap sebuah taman hijau teduh asri yang ada di bagian tengah rumah galeri ini. Selain koleksi China Dream, ada pula beberapa patung dan karya lainnya yang dipamerkan dalam Galeri berlantai tiga itu.

galeri f widayanto jakarta
Pasangan-pasangan koleksi keramik China Dream yang diletakkan pada lemari dinding Galeri F. Widayanto Jakarta, dengan berbagai ekspresi, gestur tubuh, dan ornamen pakaian, serta aksesori pendukung lainnya. Suasana di dalam ruang pamer ini boleh dibilang sangat nyaman, dan ditata dengan artistik dan sangat baik.

Ada karya koleksi keramik yang diberi nama “Peaceful”, yang bisa memberi sugesti kepada pembelinya untuk menjaga kedamaian di rumah atau tempat dimana patung itu akan dipajang. Pada pakian bawah wanita ada ornamen kupu-kupu, sedangkan pada pakian bawah pria ada dua buah kura-kura simbol umur panjang.

galeri f widayanto jakarta
Sepasang patung koleksi China Dream di Galeri F. Widayanto dengan detil ornamen pakaian yang cantik. Untuk memudahkan para kolektor yang berniat membeli koleksi ini, keramik-keramik yang telah laku terjual diberi tanda dengan hiasan kupu-kupu. Keramik yang telah terjual itu baru akan dikirim setelah pameran selesai berlangsung.

Dua patung keramik yang memamerkan garis tubuh pria yang atletis tampak dipamerkan di sisi tangga yang menuju ke lantai atas galeri. F. Widayanto telah menyelenggarakan lebih dari sepuluh kali pameran tunggal, seperti Wadah Air (1987), Loro Blonyo dan Topeng (1990 ), Ganesha-Ganeshi (1993), dan Ukelan (gaya rambut wanita Jawa, 1995).

galeri f widayanto jakarta
Ada dua patung keramik yang diambil dari koleksi “Semarak 30 Semar” yang dipajang di ruang utama. Semar adalah tokoh bijak mahasakti dalam mitologi pewayangan Jawa dengan bentuk badan dan ekspresi khas, yang disukai semua orang. Ia merupakan wujud manusia dari Sang Hyang Ismaya, yang adalah kakak Bathara Guru, rajanya semua Dewa.

Jika patung keramik pada foto di atas menggambarkan wajah Semar dengan ekspresi menerawang, ada pula patung keramik Semar koleksi Widayanto lainnya yang dibuat dalam posisi seperti terjengkang dan diberi judul “Lotus Fall”. Hanya saja ekspresi wajah Semar seperti sedang bergaya, bukan ekspresi terkejut atau kerepotan dari seorang gendut yang jatuh.

Pameran tunggal F. Widayanto lannya adalah Golekan (Boneka kayu Jawa, 1997), Mother and Child dan Kendi-Kendi (2000), Ceramic Inspiration (2001), Dewi Sri (dewi padi, 2003), Narcissus (2007), Semarak 30 Semar (2009), dan China Dream (2010). F. Widayanto dilahirkan di Jakarta pada 1953, selesai kuliah pada 1981 di Bagian Keramik Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Galeri F. Widayanto Jakarta

Alamat : Jl. Setiabudi II no. 11, Jakarta Selatan, Telp (021) 526 2309, 522 3547. Lokasi GPS : -6.209306, 106.825374, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Selatan. Galeri (40 foto) Galeri F. Widayanto Jakarta : 1.Dream . 2.Lemari . 3.Ornamen . 4.Menerawang . 5.Kipas . 6.Nama . 7.Dance . 8.Kalem . 9.Dialog … s/d 40.Happines.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Selatan » Galeri F. Widayanto Jakarta
Tag : , , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 22 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap