Gading Splash Water Kebumen

Secara kebetulan saja saya bisa mampir ke Gading Splash Water Kebumen, sebuah kompleks kolam renang bagus yang berada di pinggir Jalan Raya Soka, Kebumen. Saat itu Bambang tengah bertanya arah. Sambil menunggu, meskipun tempat wisata air tidak pernah menjadi kegemaran saya, namun tak ada salahnya untuk sekadar melihat-lihat.

Loket karcis masuk ada di sebelah kiri. Pada kaca loket yang dijaga dua wanita, menempel pengumuman bahwa hari Jumat 12.00 – 17.00 tempat ini dikhususkan bagi putri, kecuali hari besar. Tertulis pula tiket Senin s/d Jumat Rp. 9.000, bagi pengunjung usia 3 tahun ke atas.

Gading Splash Water Kebumen dari luar terlihat cukup baik, dengan area parkir lumayan luas, dan itu pula yang membuat saya tertarik untuk melihat dalamannya. Untungnya seorang pria bertubuh atletis yang saya duga pensiunan sebuah angkatan memperbolehkan saya masuk untuk melihat dan memotret fasilitas yang ada di sana.

gading splash water kebumen
Menempel pada tembok dinding depan bangunan yang dibiarkan telanjang tanpa semen adalah tengara peresmian Gading Splash Water Kebumen yang ditandatangani oleh Bupati Kebumen pada 9 Juli 2005. Sudah cukup lama juga usianya, namun kondisi tempat ini secara umum terlihat masih baik dan terawat. Hanya sedikit di sana-sini perlu perbaikan.

Saat saya masuk ke area bagian dalam Gading Splash Water Kebumen ini, di sebelah kanan tampak ada ruangan yang khusus diperuntukkan untuk kegiatan Gym atau fitness. Sebuah ide yang sepertinya bagus, karena para bapak yang mengantar anak atau cucunya bermain di kolam renang ini mungkin ada yang memilih pergi ke gym ketimbang berenang.

Selain kolam renang dan fasilitas gym untuk fitness, di Gading Splash Water juga ada ruangan untuk sauna, aerobic, area tempat bermain anak, cafe dan ada pula sebuah minimarket. Minimarket, sauna, dan cafe ada di sebelah kiri bangunan, jika dari arah masuk. Menu seperti Mie Bakso dan Siomay bisa dijumpai di cafe samping kolam renang itu.

gading splash water kebumen
Pemandangan pada kolam renang utama di Gading Splash Water Kebumen dengan keempat sudutnya yang berbentuk melengkung. Di sebelah kiri kolam renang terdapat sebuah panggung kecil yang sepertinya bisa dipakai untuk berhalo-halo bagi MC jika ada acara permainan kelompok atau lomba. Bisa juga untuk bermain musik atau pentas tari-tarian.

Di ujung sebelah kanan terdapat area permainan air berupa luncuran melengkung cukup tinggi yang dirancang dengan sentuhan etnik. Luncuran itu tidak berakhir di kolam yang ini namun di kolam renang dangkal di sebelah sana yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja tanggung. Untuk kolam ini disediakan luncuran pendek di pojok sebelah kanan.

Sedangkan di pojok sebelah kiri terdapat arena bermain bagi anak-anak, dengan ayunan, dan sejumlah permainan lainnya. Gading Splash Water Kebumen juga tampak menyediakan ban-ban angin yang bisa dipakai atau disewa oleh anak-anak atau pun remaja yang masih belum pandai berenang agar tetap bisa mengapung dan bermain di dalam kolam.

gading splash water kebumen
Di ujung area Gading Splash Water adalah kolam renang dangkal untuk balita yang dipisahkan oleh tembok tipis dengan kolam agak lebih dalam di sebelahnya yang diperuntukkan bagi anak-anak remaja tanggung dan menjadi ujung akhir permainan luncuran air. Orang tentu perlu mengawasi anak balitanya dengan ketat jika bermain air di sana.

Di pojok sebelah kiri ada bangunan semacam pendopo dan di sebelahnya lagi ada beberapa jenis permainan anak-anak. Ember tumpah yang secara berkala memuntahkan air ke kolam tampak berada di sebelah kiri atas. Namun saya tak melihat ember berfungsi saat itu, atau mungkin hanya dioperasikan pada akhir pekan atau hari libur ketika banyak pengunjung.

Di pinggir kolam sebelah sana tampak sebuah bangunan kecil menyerupai bangunan kelenteng Tao bercat merah karena adanya lambang Yin-Yang berukuran besar di bagian bawah. Satu lagi lambang Yin-Yang berukuran lebih kecil tampak berada di tengah jaring laba-laba Pat Kwa. Luncuran kecil ada di sebelah kanannya bangunan ibdah ini.

Pada dinding depan Gading Splash Water Kebumen ini saya sempay melihat ada sebuah poster yang menawarkan les privat renang bagi anak-anak atau orang dewasa yang membutuhkannya. Jadwal latihan untuk les privat ini adalah pada hari Senin sampi dengan Minggu pagi, mulai jam 07.00 – 10.00 dan sore hari dari jam 14.00 – 17.00.

Gading Splash Water Kebumen

Alamat : Jl Raya Soka, No. 17, Pejagoan, Kebumen. Lokasi GPS : Google Maps, Waze. Harga tiket masuk : Rp. 9.000 usia 3 tahun ke atas Senin s/d Jumat. Parkir sepeda Rp. 500, sepeda motor Rp. 1000, mobil pribadi Rp, 1500, mobil umum Rp. 2000. Galeri : 10 foto. Rujukan : Peta Wisata Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Hotel di Kebumen, Sewa Mobil di Kebumen. Galeri (10 foto) Gading Splash Water Kebumen : 1.Tengara peresmian, 2.Kolam utama, 3.Kolam balita, 4.Ban Angin, 5.Berbenah 6.Cafe 7.Fitness 8.Bakso 9.Loket 10.Tampak Depan.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Kebumen » Gading Splash Water Kebumen
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 16 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap