Downtown JungleLand Sentul

Hanya lantaran perut merasa lapar setelah pulang dari Air Panas Gunung Pancar maka kami sempat mampir ke Downtown Jungleland Sentul yang lokasinya berada di ujung kompleks Sentul City, tepatnya di kawasan Sentul Nirwana. Baru kali itulah saya tahu ada taman tematis yang besar dan mewah di kawasan Sentul City ini.

Setelah lewat Jalan Babakan Madang dan masuk ke kawasan Sentul City kami belok kanan, melewati pos parkir dimana kami membayar Rp. 10.000. Sesaat kemudian terlihat kawasan terbuka luas yang masih gersang. Mungkin perlu 3-5 tahun lagi untuk menghijaukan kawasan ini.

Agak jauh di sebelah kiri terdapat area parkir luas yang saat itu masih belum sepenuhnya rapi. Kami mengambil jalan yang lurus saja, dan sesaat kemudian sudah terlihat cukup banyak mobil pribadi berjejer di area parkir di dekat halaman muka JungleLand. Tidak ada kesulitan sama sekali mendapatkan tempat parkir, entah jika hari libur.

jungleland sentul city bogor
Hanya sejauh 25 meter saja kami berjalan kaki dari tempat parkir mobil hingga sampai di bola dunia besar yang terbuat dari logam mengkilap tahan karat bertuliskan JungleLand. Bola dunia ini berada di awal lorong panjang dengan atap sangat tinggi yang membuat saya tak yakin akan cukup melindung orang dari tempias jika hujan lebat turun.

Agak jauh di sebelah kiri terlihat sebuah papan restoran yang menawarkan menu ramen, dan di sebelahnya ada restoran lain lagi yang sepertinya cukup menarik. Meskipun sudah cukup lapar namun kami ingin melihat dahulu pilihan makanan apa saja yang ada di sepanjang lorong ini, sehingga kami berjalan menyusurinya sambil melihat kiri kanan.

jungleland sentul city bogor
Wied di bawah lorong beratap sangat tinggi itu, sesaat setelah melewati bola dunia. Lorong panjang ini berada di kawasan yang disebut sebagai downtown JungleLand. Pohon-pohon besar tua berderet di kiri kanan dengan daun-daun yang terkesan menempel pada batang-batangnya, namun lumayan memberi warna hijau di area gersang ini.

Sejumlah patung binatang dongeng dan satwa lain berukuran raksasa yang akan menyenangkan pengunjung ikut menghiasi bagian luar lorong ini. Beberapa restoran kami lewati setelah melirik papan nama dan menu yang mereka tawarkan.

Ada bakmi gang terkenal dari daerah Pasar Baru Jakarta, ada restoran Padang, makanan Italia, restoran siap saji, kedai kopi dengan aneka roti bakar, makanan Jepang, dan beberapa restoran lagi. Sebagian maih dalam persiapan pembukaan, waktu itu, karena saat ini tentu sudah buka semua, kecuali jika ada ganti yang baru. Bisa dibilang ini daerah bagi kaum menengah atas.

jungleland sentul city bogor
Setelah berjalan beberapa langkah lebih ke dalam lagi, lantai lorong diberi mosaik kuning hijau cerah. Meskipun daun-daun pada pohon terkesan artifisial menempel pada batang-batangnya, namun lumayan memberi warna hijau di area gersang ini. Di sebelah kiri tampak patung berukuran raksasa berupa binatang dongeng dan patung satwa lain. Jika Jungleland memiliki 30 wahana dari 41 yang direncanakan, maka jangankan satu wahana kelas kampung, area bermain anak yang sederhana sekali pun tak ada di Air Panas Gunung Pancar. Siapa pun tentu saja akan senang dengan adanya Jungleland yang konon terbesar di Indonesia ini, namun jurang perbedaan sangat lebar itu terasa getir di rasa.

jungleland sentul city bogor

Ketika hampir sampai ke ujung lorong terlihat bangunan berbentuk kapal berukuran besar, dengan boks informasi di bawahnya. Di belakangnya adalah boks tiket dan pintu-pintu pengecekan tiket sebelum masuk ke dalam area permainan JungleLand. Kedai kopi terkenal yang biasa dipakai eksmud sebagai tempat nongkrong berada di sekitar tempat ini.

Lantaran tak berniat masuk ke area permainan, kami berbalik badan menuju restoran di awal kami masuk tadi. Sambil berjalan saya sempat miris membandingkan bumi langitnya perbedaan fasilitas antara Jungleland dengan Air Panas Gunung Pancar yang jaraknya tak begitu jauh dari tempat ini. Perbedaaan yang mestinya dijembatani pemerintah setempat.

Jungleland menempati area seluas 35 ha, dengan 4 zona permainan serta Science Centre yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Jika hendak menikmati Jungleland, akan lebih seru jika datang bersama teman atau keluarga. Hanya saja bersiaplah merogoh dompet lumayan dalam. Setelah itu cobalah berkunjung ke Air Panas Gunung Pancar.

JungleLand Sentul Bogor

Alamat : Jungleland Boulevard, Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City, Bogor. Telepon: 021-29311313, Fax: 021-29311311. Lokasi GPS : -6.5738019, 106.8927938, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : Senin-Jumat pukul 10:00 – 18:00, Sabtu-Minggu pukul 09:00 – 18:00. Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor. Galeri (10 foto) JungleLand Sentul City Bogor : 1.Tengara, 2.Lorong, 3.Hijau, 4.Kapal, 5.Gerbang, 6.Keluar, 7.Mejeng, 8.Etnik, 9.Labu, 10.Nyaman.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Bogor Kabupaten » Downtown JungleLand Sentul

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 16 Juli 2017. Tag: ,