Dermaga Ruko Pateten Bitung

Dermaga Ruko Pateten yang terletak di bagian belakang kompleks Ruko Pateten adalah dermaga yang digunakan oleh para penumpang yang ingin mengunjungi tempat-tempat di sekitar Selat Lembeh, kota Bitung, Sulawesi Utara, baik untuk tujuan wisata maupun untuk tujuan lainnya. Kapal motor yang bisa disewa di Dermaga Ruko Pateten berkapasitas sekitar 10-15 orang.

Meskipun Dermaga Ruko Pateten tidak terlihat begitu rapi, namun kami tidak menemukan kesulitan ketika mencari informasi tentang tempat wisata yang berada di sekitar selat lembeh, yang kebanyakan memang berhubungan dengan kegiatan diving. Untuk melihat tempat karamnya kapal yang terjadi pada Perang Dunia II pun harus dilakukan dengan cara menyelam di Selat Lembeh yang airnya relatif tenang ini.

Dermaga Ruko Pateten
Dermaga Ruko Pateten dengan beberapa perahu motor terlihat tengah sandar menunggu penumpang. Monumen Trikora yang berada di Pulau Lembeh tampak terlihat di latar belakang. Tidak tampak kesibukan yang berarti di Dermaga Ruko Pateten ketika kami berada di sana.

Dermaga Ruko Pateten
Beberapa perahu motor berukuran kecil dengan atap rendah yang bisa disewa pengunjung di Dermaga Ruko Pateten untuk menyeberangi Selat Lembeh.

Dermaga Ruko Pateten
Atap perahu yang relatif rendah, dan adanya dinding di kiri kanan perahu yang membatasi pemandangan dan aliran angin, membuat penumpang tidak merasa begitu nyaman ketika berada di dalam perahu. Moncong perahu adalah tempat duduk yang ideal untuk menikmati pemandangan ketika perahu berada di Selat Lembeh.

Dermaga Ruko Pateten
Sebuah tonggak pengikat perahu berbentuk unik yang bisa dilihat dari Ruko Pateten.

Dermaga Ruko Pateten
Pengemudi perahu yang kami sewa di Ruko Pateten tengah bersiap memandu perahunya untuk meninggalkan Dermaga Ruko Pateten melewati deretan kapal yang tengah sandar.

Dermaga Ruko Pateten
Sebuah sampan melintas di depan perahu yang kami tumpangi, dengan latar belakang kapal besar yang tengah lego jangkar . Selalu ada tempat untuk siapa saja di sudut-sudut mana pun di dunia ini.

Dermaga Ruko Pateten
Peralatan bongkar muat kapal di Pelabuhan Peti Kemas Bitung dengan latar belakang Gunung Klabat, dilihat dari arah Dermaga Ruko Pateten. Gunung Klabat adalah gunung tertinggi di Sulawesi Utara, dengan ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut.

Dermaga Ruko Pateten
Pengemudi perahu yang tampak tenang dalam mengemudikan perahunya menyeberang Selat Lembeh. Permukaan air laut Selat Lembeh yang tenang dan lalu lintas perahu yang tidak begitu padat, membuat perjalanan terasa nyaman.

Dermaga Ruko Pateten
Moncong perahu memang merupakan tempat yang ideal untuk menikmati suasana Selat Lembeh, ketimbang duduk di dalam perahu yang sumpek dengan bau minyak yang cukup menyengat, meskipun matahari bersinar terang sekalipun. Angin Selat Lembeh yang bertiup lembut cukup membantu untuk meredam panas matahari siang.

Dermaga Ruko Pateten

Berada di belakang kompleks Ruko Pateten, Bitung. Tempat Wisata di Bitung, Peta Wisata Bitung, Hotel di Bitung

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sulawesi Utara » Bitung » Dermaga Ruko Pateten Bitung

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017. Tag: