de Rivier Hotel Jakarta Barat

Jika menyusuri kawasan Kota Tua Jakarta, anda pasti akan melihat bangunan de Rivier Hotel Jakarta berbentuk setengah bulat yang berada di seberang Kali Besar dengan arsitektur jaman kolonial. Melihat bentuk bangunannya, kebanyakan orang pasti akan menyangka bahwa bangunan de Rivier Hotel Jakarta ini merupakan salah satu bangunan warisan jaman kolonial.

Ternyata tidak. de Rivier Hotel Jakarta (sebelumnya bernama the Batavia Hotel) merupakan sebuah bangunan baru yang didirikan pada 1995, namun memang sengaja menggunakan arsitektur jaman Belanda untuk menyesuaikan dengan bentuk bangunan di kawasan Kota Tua, dimana de Rivier Hotel Jakarta berada.

de rivier hotel jakarta
de Rivier Hotel Jakarta dilihat dari seberang Kali Besar. Bentuk bangunan luarnya mau tak mau memang an akmembuat orang akan berpikir kembali ke jaman kolonial. Bentuk itu pula yang menggerakkan tangan untuk memotretnya, meski tak sampai mendorong kaki untuk memasuki gedungnya.

de rivier hotel jakarta
Bentuk bangunan bergaya kolonial yang khas, dan akan menjadi semakin menawan jika saja Kali Besar di depannya bisa secara efektif difungsikan sebagai kali wisata yang jernih airnya, dan cukup dalam untuk lalu lintas perahu.

de rivier hotel jakarta
Foto de Rivier Hotel Jakarta diambil dari sisi Jembatan Kota Intan. Jarak keduanya memang cukup dekat, dan karena hendak berkunjung ke jembatan inilah maka saya melihat hotel itu dan tertarik karena gaya bangunannya.

de rivier hotel jakarta
Lingkungan di sepanjang Kali Besar yang sebenarnya sudah cukup rapi, hanya saja pemanfaatan sungai ini tampaknya masih memerlukan banyak pikiran, tenaga dan biaya, agar bisa menjadi daya tarik di Kawasan Kota Tua.

de rivier hotel jakarta
Bantaran sungai yang cukup bersih dengan beberapa tanaman bunga di atasnya, dan lampu-lampu di sepanjang tepian kali, yang tampaknya akan menjadi sebuah pemandangan yang indah pada malam hari.

Lokasi hotel ini cukup strategis, karena dekat dengan Museum Wayang, Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta), Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia. Ke arah utara sedikit ada Museum Bahari, Pasar Ikan, dan Menara Syahbandar.

de Rivier Hotel Jakarta

Alamat: Jl. Kali Besar Barat 44-46, Kawasan Kota Tua, Jakarta. Telp 021-6907926. Lokasi GPS: -6.1322342, 106.8104392, Waze. Hotel di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Motel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta, Peta Wisata Jakarta

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » de Rivier Hotel Jakarta Barat

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 18 Juli 2017.