Curug Santri Karawang

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!

Lokasi Curug Santri Karawang berada di daerah Loji, Kecamatan Tegalwaru, yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 km dari pusat Kota Karawang. Suasananya cukup sejuk lantaran berada di kawasan pegunungan. Ketinggian Curug Santri mencapai sekitar 250 m, dengan akses yang cukup menantang.

Pejalan bisa naik kendaraan umum dari Pasar Djohar di Kota Karawang, turun di Pasar Loji, dan dilanjut dengan naik ojek motor, diteruskan dengan berjalan kaki.

Selain merupakan wisata alam, ada juga legenda terkait nama Curug Santri yang hidup di tengah masyarakat tradisional Karawang. Legenda Curug Santri itu menceritakan bahwa pada jaman dahulu kala terdapat lima santri yang ditugaskan oleh gurunya untuk mencari sumber di gunung dari sungai yang airnya masih mengalir di saat musim kemarau.

Dalam upaya menemukan sumber air inilah kelima santri itu akhirnya menemukan sebuah curug yang sangat tinggi. Setelah menemukan air terjun itu mereka pun lalu kembali ke pesantren dan melaporkan temuan itu kepada gurunya. Lantaran yang menemukan curug adalah para santri, maka air terjun itu kemudian dikenal dengan nama Curug Santri.

Curug Santri

Kampung Loji, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang


Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Barat » Karawang » Curug Santri Karawang
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »