Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis Karawang merupakan air terjun indah setinggi 25 m andalan wisata Karawang yang lokasinya berada di kaki Gunung Sanggabuana, pada ketinggian 1000 mdpl. Curug Cigentis masih masuk dalam wilayah Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, sekitar 44 km dari pusat Kota Karawang.

Curug Cigentis Karawang

Alamat : Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Harga tiket masuk : Kawasan Wisata Mekarbuana Rp. 2.500 per orang, Rp 5.000 kendaraan roda dua, Rp 7.000 kendaraan roda empat. Tiket masuk TWA Curug Cigentis Rp. 8.000. Rujukan : Peta Wisata Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Hotel di Karawang.

Akses ke lokasi cukup menantang, terutama setelah melewati Pasar Loji sampai ke Dusun Jayanti, dimana jalanan cukup sempit, menanjak, dan beberapa ruas jalan dalam keadaan rusak, sehingga baik pengendara mobil maupun motor harus berhati-hati.

Mobil dan motor dititipkan di Dusun Jayanti, lanjut dengan berjalan kaki sejauh sekitar 2 km untuk sampai di loket Curug Cigentis.

Lokasi Curug Cigentis berada dalam satu jalur dengan Kampung Wisata Cigentis, Batu Tumpang, Curug Peuteuy, Curug Cipanundaan, Curug Cikarapyak dan Curug Bandung.

Di sekitar Curug Cigentis ada cukup banyak warung makanan. Ada pula kamar ganti dan mushola, sehingga sangat memudahkan bagi pejalan. Jika kemalaman, pejalan bisa menginap di salah satu rumah penduduk, atau memasang tenda, atau menyewa villa di Kampung Wisata Cigentis.

Akses
Kendaraan pribadi
– Lewat Tol Jakarta – Cikampek, keluar di Pintul Tol Karawang Barat
– Belok kiri setelah melewati jembatan, lanjut arah sebaliknya sampai pertigaan
– Belok kanan ke Jalan Pasir Jati menyusur Saluran Irigasi Tarum Barat sejauh 4,2 km
– Belok kiri di perempatan, dan ikuti jalan sampai ke Pasar Loji, lalu belok kanan menuju Dusun Jayanti

Sepeda Motor
– Lewat Jl Transyogi Cububur, melewati Taman Wisata Mekarsari, lanjut arah ke Cariu
– Di perempatan Cariu belok ke kiri, lanjut sampai Pasar Loji
– Di Pasar Loji belok ke kiri, ikuti jalan sampai Dusun Jayanti.

Kendaraan Umum naik Bis Agra Mas atau Warga Baru dari Terminal Kampung Rambutan / Tanjung Priok ke Karawang (sekitar Rp.10.000), turun di daerah Badami (500 m setelah keluar pintu tol Karawang Barat), lanjut naik Elf ke Pasar Loji. Dari Pasar Loji lanjut dengan ojek ke Dusun Jayanti.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Karawang » Curug Cigentis Karawang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 28 Juni 2017. Tag: