Curug Bandung Karawang

Home » Jawa Barat » Karawang » Curug Bandung Karawang
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Lokasi Curug Bandung Karawang berada di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, di kaki Gunung Sanggabuana (1920 mdpl), dengan ketinggian air terjun mencapai 25 m. Curug Bandung merupakan curug terbesar dari rangkaian tujuh curug di aliran sungai yang sama, yang dimulai dari Curug Peuteuy dan Curug Picung.

Curug Bandung Karawang

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Rujukan: Peta Wisata Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Hotel di Karawang.

Untuk sampai di Curug Bandung, pejalan harus berjalan kaki melewati medan lumayan berat sejauh 3 km dari Jayanti, sebuah dusun di Desa Mekarbuana yang sudah bisa diakses dengan kendaraan roda empat dan jalannya beraspal, meskipun rusak di beberapa ruas. Dusun Jayanti berjarak sekitar 40 km dari Kota Karawang, dengan melewati Pasar Loji terlebih dahulu.

Meskipun jarak tempuhnya lumayan jauh, Curug Bandung tampaknya cukup populer dikalangan pejalan, karena adanya para penjaja makanan dan minuman di sekitar curug, meskipun kabarnya belum ada fasilitas pendukung yang memadai.

Lokasi Curug Bandung berada dalam satu jalur dengan tempat wisata lain di kaki Gunung Sanggabuana, yaitu Kampung Wisata Cigentis, Curug Cigentis, Batu Tumpang, Curug Peuteuy, Curug Cipanundaan, dan Curug Cikarapyak.

Akses
Kendaraan pribadi
– Lewat Tol Jakarta Cikampek, keluar di Pintul Tol Karawang Barat
– Belok kiri setelah melewati jembatan, lanjut arah sebaliknya sampai pertigaan
– Belok kanan ke Jalan Pasir Jati menyusur Saluran Irigasi Tarum Barat sejauh 4,2 km
– Belok kiri di perempatan, dan ikuti jalan sampai ke Pasar Loji, lalu belok kanan menuju Dusun Jayanti

Sepeda Motor
– Lewat Cububur, lanjut Cilengsi, melewati Taman Wisata Mekarsari, lanjut arah ke Cariu
– Di perempatan Cariu belok ke kiri, lanjut sampai Pasar Loji
– Di Pasar Loji belok ke kiri, ikuti jalan sampai Dusun Jayanti.

Kendaraan Umum
Naik Bis Agra Mas atau Warga Baru dari Terminal Kampung Rambutan / Tanjung Priok ke Karawang (sekitar Rp.10.000), turun di daerah Badami (500 m setelah keluar pintu tol Karawang Barat), lanjut naik Elf ke Pasar Loji. Dari Pasar Loji lanjut dengan ojek ke Dusun Jayanti.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 28 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »