Cara Membuat Radio Streaming Yang Murah

Tulisan ini untuk berbagi pengalaman tentang cara membuat radio streaming yang murah dan mudah, baik untuk sekadar melampiaskan hobi atau pun untuk tujuan lainnya. Apa yang saya tulis adalah berdasar pengalaman dalam membuat LKers Radio, yang memutar lagu-lagu Konser Musik Rakyat Leo Kristi selama 24 jam 7 hari seminggu tanpa henti.

Umumnya ada dua kendala dalam membuat sebuah radio streaming, atau siaran radio internet. Yang pertama adalah biaya sewa yang mahal, dan yang kedua adalah minim atau tidak adanya pengetahuan tentang cara membuatnya. Meskipun ada banyak petunjuk di internet dan Youtube, namun jika tidak langsung mempraktekannya tentu akan ada keraguan yang besar.

Baiknya ada sejumlah hosting provider yang menawarkan sewa relatif murah, cocok untuk eksperimen bagi pemula dalam membuat radio streaming yang tujuan membuatnya tidak bersifat komersial. Salah satu hosting provider yang murah itu adalah Streaming Murah. Hanya saja jangan terlalu berharap banyak soal dukungan teknis dengan harga yang Anda bayar. Namun sebagai pengalaman tak apalah untuk mencobanya. Pantas untuk harga yang dibayar.

Berikut adalah pengalaman cara membuat radio streaming yang murah.

Bayar Hosting Murah dengan Fitur AutoDJ

Langkah pertama untuk Membuat Radio Streaming yang murah adalah mendaftar dan bayar ke hosting streaming radio yang biayanya murah. Sewa satu bulan dulu. Jika pilih yang paling murah maka siaran hanya bisa dilakukan dari komputer atau HP Anda.

Saya sarankan menggunakan paket fitur AutoDJ termurah untuk siaran 24 jam dari server dengan sejumlah keuntungan bagi Anda dan bagi pendengar. Jika pendengar dari berbagai belahan bumi, maka sebaiknya memakai server Singapura.

Setelah mendaftar dan membayar dengan fitur AutoDJ, Anda akan menerima email konfirmasi penerimaan pembayaran, email akun Anda sudah dibuat dan email yang berisi informasi Centova Panel Account dengan alamat Panel URL, Username, dan Password untuk Anda mengunggah lagu-lagu dalam format mp3, dan melakukan pengaturan lainnya.

Unggah Lagu

Sebelum mengunggah lagu, pastikan setiap lagu sudah diisi lengkap judul lagu, artis, album, nomor track (jika ada), serta Artwork (sampul album). Semua itu penting untuk pendengar agar bisa request lagu yang diproses secara otomatis oleh server.

Login ke Centova Cast panel. Pada AutoDj klik “Files”, klik “New Folder” di menu bar bawah, beri nama untuk memudahkan Anda mengelola koleksi lagu, klik “Create”.

Klik ganda folder yang baru dibuat, lalu klik “Upload” di menu bar bawah.
Klik “Select files”, navigasi ke folder dimana Anda menyimpan. Sorot semua lagu yang hendak diunggah. Klik “Open”, dan tunggu proses unggah selesai. Klik “Select files” lagi untuk unggah lagu lainnya, atau “Close” jika telah selesai.

cara membuat radio streaming yang murah

Menggunakan AutoDJ

Pada Centova Cast Panel, klik Return di menu bar bawah (setelah proses unggah di atas).
Klik Media di menu AutoDJ, klik “Options” di kanan atas, klik “Manual library update”.
Drag folder koleksi lagu Anda ke Standard Rotation playlist. Klik “Return”.
Pada menu AutoDJ klik ikon play. Selamat, AutoDJ telah berjalan.

Request Lagu

Untuk mendengarkan dan request lagu, pada menu General di Centova Cast Panel, klik “Quick Links”, klik link di bawah “Your stream start page”, copy link itu dan share ke Facebook atau Twitter ke teman Anda. Lihat contohnya di sini.

Buat daftar lagu, yang berisi nama Song artist dan Song title. Lihat contohnya di sini.

Siaran Live

Untuk melakukan siaran live dari notebook Mac OS bisa menggunakan software Nicecast. Untuk Windows bisa menggunakan SAM Broadcaster. Pemakai handphone Android bisa menggunakan aplikasi gratis BroadcastMySelf yang bisa diunduh di Google Play (ada versi Pro berbayar).

Saat siaran live, fitur AutoDJ akan otomatis terhenti, dan ketika siaran live dihentikan maka fitur AutoDJ akan kembali otomatis berjalan dan memutar lagu selama 24 jam penuh.

Menggunakan Nama Domain

Jika hendak menggunakan nama domain sendiri, beli domain atau gunakan domain yang sudah ada. Login ke panel domain Anda, klik nama domain yang hendak digunakan.
Klik “Manage DNS”.
Klik ikon edit juga sebelumnya sudah ada DNS-nya dan ganti IP addressnya ke IP streaming radio Anda.
Jika belum ada, klik “+ Add record”, klik “A”. Isi nama domain dan alamat IP streaming radio Anda yang diberikan oleh web hosting.
Pada browser yang streaming radio Anda, ganti alamat web-hosting ke alamat domain Anda. Jika belum bisa, anda perlu melakukan flush DNS cache.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » Tips » Cara Membuat Radio Streaming Yang Murah
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 3 Oktober 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap