Cara Install Plugin WordPress

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengetahui Cara Install Plugin WordPress. Namun langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum meng-install plugin tentunya adalah mengetahui apa saja WP Plugin Yang Anda Harus Punya untuk membuat situs WordPress anda menjadi lebih baik.

Prinsip dasar dalam pemakaian plugin adalah: pastikan bahwa anda memang harus punya, bukan hanya untuk memuaskan selera saja. Semakin sedikit plugin yang dipakai umumnya semakin baik, karena blog akan lebih cepat dibuka oleh pengunjung, dan itu memberi kesan yang sangat baik.

Ada beberapa cara untuk Install Plugin WordPress. Cara pertama untuk Install Plugin WordPress adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi WordPress Plugin. Anda tidak perlu mengisi username dan password di sini.
  2. Ketik kata kunci atau nama plugin yang anda cari.
    Klik plugin yang ingin di-install.
  3. Baca instruksi Installation dan FAQ.
    Membaca instruksi Installation penting untuk mengetahui apakah ada instruksi khusus yang harus dibaca. FAQ perlu dibaca untuk melihat masalah yang paling sering ditemukan pada saat memakai plugin.
  4. Klik “Download Version …”. Klik “Save File”
  5. Buka Dashboard blog WordPress anda, klik “Plugins”, klik “Add New”, klik “Upload”, klik “Browse”
    Double click file zip yang akan di-install, klik “Install Now”, tunggu sampai muncul layar berikutnya
  6. Klik “Activate Plugin”.

Dengan cara ini anda akan memiliki file zip dari plugin yang anda pakai. Ini sangat bermanfaat jika kemudian anda upgrade plugin ke versi baru dan ternyata bermasalah, maka anda bisa kembali menggunakan plugin versi sebelumnya.

Cara kedua untuk Install Plugin WordPress adalah langsung pada Dashboard:

  1. Pada Dashboard, klik “Plugins”, klik “Add New”, ketik kata kunci plugin yang anda cari pada isian “Search Plugin”, tekan Enter. Hasilnya di bawah ini.
  2. Klik “Details” pada plugin yang anda ingin install, klik “Installation” untuk mengetahui apakah ada instruksi khusus.
  3. Klik “Install Now” pada jendela ini. Klik “Activate Plugin”

Cara Install Plugin WordPress ini jauh lebih cepat, namun anda tidak menyimpan zip file yang bisa saja berguna suatu saat nanti.

Setelah mengaktivasi plugin, and mungkin perlu klik “Tools”, “Settings”, “Appearance”, atau langsung pada daftar menu utama, tergantung plugin yang anda pasang, dan klik pada judul plugin untuk menyelesaikan proses instalasinya.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Blog » WordPress » Cara Install Plugin WordPress

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 20 Maret 2017. Tag: