Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

Candi Prambanan Sleman Yogyakarta saya kunjungi ketika pekerjaan renovasi dari kerusakan yang cukup berat akibat gempa masih sedang dilaksanakan. Saat itu beberapa candi di dalam kompleks Candi Prambanan ini masih tidak bisa dimasuki oleh pengunjung karena alasan keamanan. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Candi utama di kompleks Candi Prambanan ini adalah Candi Shiwa Sang Perusak (34×34 m, tinggi 47 m) di tengah, Candi Brahma Sang Pencipta (20×20 m, tinggi 33 m) yang berada di sebelah selatan, dan Candi Wisnu Sang Pemelihara (20×20 m, dengan tinggi 33 m) di sebelah utara, sesuai kepercayaan Tri Murti dalam ajaran Agama Hindu. Di bagian depan deretan candi utama ini terdapat Candi Angsa, Candi Nandi, dan Candi Garuda. Angsa adalah binatang yang merupakan kendaraan atau wahana bagi Dewa Brahma, Nandi adalah kendaraan Dewa Shiwa, Garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu. Keenam candi berada di atas dataran berbentuk bujur sangkar, dengan lebar sisi 110 meter.

Di kompleks Candi Prambanan terdapat Museum Prambanan berbentuk joglo. Selain berbagai batu candi, juga dipajang arca Nandi, Resi Agastya, Siwa, Wishnu, Garuda, Durga Mahisasuramardini, Lingga, replika harta karun emas temuan Wonoboyo, replika Candi Prambanan, Borobudur, dan Plaosan. Juga ada audio visual mengenai candi Prambanan.

candi prambanan sleman yogyakarta
Candi Prambanan dilihat dari jarak cukup jauh. Kompleks candi ini cukup luas, dan pengunjung harus berjalan kaki puluhan meter dari tempat parkir untuk sampai ke lokasi candi. Candi yang besar di bagian tengah adalah Candi Shiwa. Tiang-tiang besi penyangga silindris untuk kegiatan renovasi Candi Prambanan tampak masih menonjol di sana sini.

Di latar depan Candi Prambanan adalah reruntuhan batuan candi yang belum direstorasi. Suatu candi direstorasi ketika 75% batu aslinya masih ada. Sejak 1991, Candi Prambanan telah resmi menjadi situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO, yang antara lain berarti bahwa Candi Prambanan terlindung secara internasional, misalnya dalam situasi perang.

candi prambanan sleman yogyakarta
Deretan candi di kompleks Candi Prambanan Sleman yang di dalamnya terdapat binatang kendaraan para dewa utama Hindu. Candi Prambanan dibangun pada abad 9 oleh Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya. Namun ada juga yang menyatakan bahwa kemungkinan Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan, Raja kedua dari Wangsa Mataram Hindu. Relief Ramayana bisa ditemukan pada pagar langkan Candi Shiwa dan relief kisahnya dilanjutkan pada Candi Brahma. Sedangkan di Candi Wisnu terdapat relief Kresnadipayana yang menceritakan masa kecil Prabu Kresna sebagai titisan Dewa Wisnu.

Ada pula relief Kakatua Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) ada di Pulau Masakambing, di tengah Laut Jawa. Di antara enam candi utama ini terdapat Candi Apit dengan tinggi 14 m dan tapak 6×6 m. Ada pula candi berupa kuil kecil menyerupai pelinggih tempat sesaji, terdiri dari empat Candi Kelir di empat mata angin di muka pintu masuk, dan empat Candi Patok di setiap sudutnya, yang semuanya merupakan candi kecil setinggi 2 meter tanpa tangga.

candi prambanan sleman yogyakarta
Arca Nandi (Lembu) kendaraan Dewa Shiwa ini tersimpan baik di dalam bilik Candi Nandi, di depan Candi Shiwa. Sedangkan Arca Angsa kendaraan Brahma dan Arca Garuda kendaraan Wisnu tidak ditemukan lagi di bilik Candi Agsa dan Candi Garuda. Sebuah pertanyaan kritis juga, mengapa tidak dibuatkan saja replikanya dari rujukan yang tersedia.

Reruntuhan 224 candi-candi perwara yang mengelilingi halaman Candi Prambanan dalam empat baris masih terserak. Di halaman juga terdapat dua buah candi pengapit berketinggian 16 meter, serta masing-masing empat candi kelir dan candi sudut. Entah kapan kesemua candi perwara itu direstorasi. Candi Prambanan ditemukan oleh CA Lons pada 1733.

Diantara yang berjasa dalam pemugaran Candi Prambanan adalah Theodoor van Erp (1902-1903), Jawatan Purbakala (Oudheidkundige Dienst) di bawah P.J. Perquin (1918-1926) yang melakukan pemugaran terencana, diteruskan De Haan (1926 – 1930) dan Ir. V.R. van Romondt ( 1931 – 1942). Pemugaran Candi Shiwa selesai 1953, Candi Brahma 1987, dan Candi Wisnu 1991.

Candi Prambanan juga disebut Candi Loro Jonggrang, putri Prabu Boko yang disumpah oleh Bandung Bondowoso menjadi arca batu, ketika ia gagal membuat 1000 candi karena para lelembut berhenti bekerja setelah ayam jantan berkoko setelah orang ramai menumbuk padi atas perintah Loro Jonggrang. Arca Loro Jonggrang sesungguhnya adalah Durga.

Candi Prambanan Sleman

Alamat : Dusun Karangasem, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi GPS : -7.752222, 110.491667, Waze. Rujukan : Peta Wisata Sleman, Tempat Wisata di Sleman, Hotel di Yogyakarta. Galeri 18 foto Candi Prambanan Sleman Yogyakarta : 4.Reruntuhan Candi 5.Candi Siwa 6.Ramayana 7.Jalan Utama 8.Candi Wisnu 9.Candi Perwara 10.Relief Figur 11.Candi Nandi 12.Makara 13.Kala 14.Candi Brahma 15.Kalpataru 16.Kakatua 17.Candi Sudut 18.Kasta

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Yogyakarta » Sleman » Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 17 Juli 2017. Tag: