Candi Kadisoka Sleman

Candi Kadisoka Sleman adalah candi Hindu yang berada di Dusun Kadisoka, Desa Purwomartana, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang keberadaannya ditemukan oleh seorang penambang pasir pada 7 Desember 2000, dan kemudian dilaporkan ke SPSP (sekarang BP3 Yogyakarta).

Kegiatan ekskavasi dan penyelamatan yang dilakukan pada 2001 berhasil memperlihatkan seluruh bagian sisi Timur candi.

Candi Kadisoka terbuat dari batu andesit dan berdenah segi empat ini, dengan ukuran 6,9 x 6,5 meter.

Terdapat perigi di bagian tengah Candi Kadisoka, dan di dalamnya ada pula peripih terbuat dari lempengan emas berbentuk segi empat bergambar bunga teratai dan batu-batu mulia.

Candi Kadisoka SlemanAlamat : Dusun Kadisoka, Desa Purwomartana, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi GPS : -7.754848, 110.4460209, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Sleman, Peta Wisata Sleman, Hotel di Yogyakarta, Peta Wisata Yogyakarta.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Candi Kadisoka Sleman

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 15 Juli 2017.