Cagar Alam Rawa Danau Serang

Lokasi Cagar Alam Rawa Danau Serang berada Kecamatan Padarincang, Gunungsari, Pabuaran dan Mancak, mencakup area seluas 2500 Ha yang merupakan hutan rawa terbesar di Pulau Jawa. Jarak yang harus ditempuh untuk mencapai Cagar Alam Rawa Danau dari Kota Serang, Banten, adalah sekitar 15 km, atau 100 km dari Jakarta.

Selain menjadi hunian lebih dari 250 jenis burung, Cagar Alam Rawa Danau juga menjadi hunian buaya, bajing tanah (Lariscus insignis), bangau tongtong (Leptoptilos javanicus), biawak (Varanus salvator), elang ular (Spilornis cheela), kera (Macaca fascicularis), dan kuntul kerbau (Bubulcus ibis).

Juga ada kuntul putih (Ardeola sp.), kura-kura (Tryonix certilangineus), kalong (Pteropus vampirus), lutung (Trachypitechus auratus), raja udang biru (Halcyon chloris), dan ular sanca (Phyton reticulatus). Berbagai jenis flora juga tumbuh di Cagar Alam Rawa Danau ini, seperti gagabusan (Alstonia spatulata), jajaway (Ficus retusa), kisireum (Eugenia spicata), mareme (Glochidion lucididum), dan rengas (Gluta rengas).

Di bagian Utara Cagar Alam Rawa Danau terdapat Gunung Jamungkal, sebuah bukit kecil setinggi 192 mdpl dengan luas 8 ha. Untuk mencapai Cagar Alam Rawa Danau pejalan bisa lewat Cilegon – Anyer – Rawa Danau, atau Serang – Padarincang – Rawa Danau, dan Serang – Anyer – Cinangka – Padarincang – Rawa Danau.

Cagar Alam Rawa DanauAlamat : Kecamatan Padarincang, Serang, Banten. Lokasi GPS : -6.1492592, 106.000042, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Serang, Hotel di Serang, Peta Wisata Serang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Cagar Alam Rawa Danau Serang

By Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.