C TwoSix di Jazz Gunung

Akhir pekan lalu, 26 Juli, sebuah perhelatan musik langsung bernama Jazz Gunung diselenggarakan di Java Banana Bromo, yang menyebut diri sebagai penginapan tropis dengan panorama terbaik ke Pegunungan Tengger. Lokasinya berada di Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.

Pada ketinggian 2000 mdpl, tempat ini memberi udara sejuk segar dengan suhu antara 14–18°C di siang hari dan 6–10°C pada malam hari. Menyatu dengan pemandangan elok pegunungan di sekelilingnya, ditambah lagi dengan perjalanan mistis Bromo – Batok – Semeru setelahnya, Jazz Gunung jelas memberi pengalaman unik bagi pecinta Jazz dan penikmat keindahan alam.

Free pass sebagai “photographer” saya peroleh dari Apey, seorang teman yang waktu luangnya dimanfaatkan sebagai freelancer dari sebuah jurnal Jazz dan penyiar radio internet jazz. Sebuah pin juga saya peroleh dengan label “press”. Mantap. Kemudian saya membeli sepotong T-shirt hitam, warna kesukaan saya, dan sebuah topi tampan di lapak Warta Jazz.

c twosix
Sebuah pertunjukan seni tradisional yang disebut Jathilan tampaknya menjadi pembuka perhelatan ini. Jathilan adalah sebuah tari bebas dimana penari, biasanya pria, menunggang kuda lumping dan pada suatu waktu pemainnya akan kesurupan.

Namun foto di atas adalah pertunjukan Reog yang dipertontonkan tepat setelah Jathilan selesai. Saya kira mereka dari kelompok kesenian yang sama.

c twosix
C TwoSix, sebuah kelompok komunitas Jazz dari Surabaya, naik panggung setelah diperkenalkan oleh Butet Kertaredjasa, MC di perhelatan ini.

c twosix
Tak jelas apakah Butet tengah menikmati kepulan asap rokoknya, udara dingin pegunungan yang segar, atau pemandangan yang elok. Mungkin semuanya.

c twosix
C TwoSix memainkan lagu-lagu yang tak asing di telinga, seperti In the Stone dari Earth Wind & Fire’s, Smooth Operator, Just The Two of Us, dan I Shot the Sheriff.

c twosix
Penyelenggara menyediakan tempat duduk sederhana namun cukup nyaman bagi para penonton Jazz Gunung.

c twosix
Rumput yang baru berusia dua bulan di atas panggung itu mampu memberi ruang yang cukup bagi para musisi untuk memainkan komposisi musik mereka dengan nyaman.

c twosix
Personel C TwoSix yang bermain pada hari itu mungkin belum lagi berada diantara pemain Jazz kelas atas, namun mereka jelas pantas mendapat pujian, khususnya pemain saksofon, drummer, dan pemain bass. Sayangnya, saya tak mencatat nama-nama mereka.

Lebih banyak berlatih dan lebih banyak bermain di pertunjukan langsung diperlukan bagi kelompok ini untuk terus meningkatkan penampilan mereka yang cukup menjanjikan itu. Namun saya juga berharap agar mereka membawakan komposisi ciptaan mereka sendiri saat saya melihat mereka bermain lagi.

C TwoSix Jazz Gunung

Alamat : Jazz Gunung, Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasi GPS : -7.9167891, 112.9852492, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Probolinggo, Peta Wisata Probolinggo, Hotel di Bromo . Hotel di Probolinggo.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Probolinggo » C TwoSix di Jazz Gunung
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap