Bendungan Parisdo Karawang

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Bendungan Parisdo Karawang atau Waduk Walahar lokasinya berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, merupakan bendungan yang dibangun pemerintah kolonial Belanda dan mulai berfungsi sejak 28 November 1925.

Fungsi Bendungan Parisdo adalah untuk mengendalikan aliran Sungai Citarum, dan menjadi sumber air bagi hampir 90 ribu hektar sawah di Kabupaten Karawang dan Subang. Bendungan Parisdo itu masih kokoh dan berfungsi dengan baik sampai saat ini.

Lokasi di Waduk Walahar yang paling banyak disukai untuk nongkrong adalah di sekitar jembatan kecil berbentuk lorong yang letaknya di atas pintu utama waduk. Tempat ini memiliki pemandangan luas ke sekeliling Waduk Walahar. Hari Minggu jalanan di sekitar Bendungan Parisdo biasanya macet, karena adanya pasar kaget.

Jika sudah waktunya untuk mengisi perut, di sekitar lokasi Waduk Walahar tersedia warung-warung makanan yang menyediakan pilihan menu ikan jambal, pepes ikan, ikan bakar, dan goreng ikan, yang harganya cukup murah.

Akses
– Lewat Tol Jakarta – Cikampek, keluar di pintu tol Karawang Timur.
– Di pertigaan belok kanan masuk ke Jl Raya Kosambi
– Sekitar 2,2 km belok kanan lagi
– Setelah 2,4 km akan sampai di Bendungan Parisdo

Angkutan umum dari Kota Karawang naik angkot jurusan Kopel, lanjut naik ojek dari Kopel.

Bendungan Parisdo

Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, GPS: -6.3840484,107.3611423



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Barat » Karawang » Bendungan Parisdo Karawang

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »