Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Home » Jawa Barat » Kuningan » Balong Keramat Darmaloka Kuningan
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Balong Keramat Darmaloka Kuningan kami kunjungi beberapa waktu lalu, hanya beberapa saat setelah meninggalkan lokasi Waduk Darma. Balong Keramat Darmaloka tampak sudah agak sepi ketika kami tiba tiba di sana, mungkin karena saat itu hari sudah mulai beranjak agak sore.

Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Alamat: Desa Darma, Kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat. Lokasi GPS: -7.0017707, 108.4008363, Waze. Jam buka sepanjang waktu. Harga tiket masuk Rp. 5.000. Rujukan: Tempat Wisata di Kuningan lainnya, Peta Wisata Kuningan, Hotel di Kuningan.
Galeri (7 foto): 1.Gerbang, 2.Ikan Kancra, 3.Rimbun, 4.Pendopo, 5.Suasana tenang, 5.Undakan, … s/d 7.Kolam.

Balong Keramat Darmaloka Kuningan ada di Desa dan Kecamatan Darma, beberapa meter dari tepian jalan yang kabupaten Cirebon – Kuningan – Ciamis, masuk melalui belokan tajam dan jalan curam. Jarak dari Waduk ke Balon Keramat Darmaloka sangat dekat, hanya 1 km.

Di tempat wisata ini terdapat tiga buah mata air. Ketiga mata air itu masing-masing memiliki nama sendiri, yaitu Balong Beunteur, Balong Cibinuang dan Balong Cilengkeng, yang kesemuanya berasal dari Situ Sanghiang Telaga. Mungkin karena tempat ini diapit oleh perbukitan dengan pepohonan yang rimbun.

balong kramat darmaloka kuningan
Pemandangan pada gerbang masuk ke area Balong Keramat Darmaloka Kuningan yang terlihat dibuat agak unik. Balong atau kolam ini konon merupakan sisa peninggalan yang berkaitan dengan kegiatan penyebaran agama Islam pada jaman Walisongo. Para wali memainkan peran penting terutama pada jaman Kesultanan Demak Bintoro, hingga jaman Kerajaan Pajang.

Di obyek wisata jiwa ini peziarah melakukan ritual mandi di malam Jumat Kliwon, dari tengah malam hingga jam 3 dini hari, di sebuah sumur yang berada di ujung kiri belakang. Konon sumur itu pada jaman dahulu merupakan pemandian para wali. Selain ritual mandi, pada malam Jumat itu tempat ini juga ramai peziarah yang ingin mengalap berkah.

balong kramat darmaloka kuningan
Di Balong Keramat Darmaloka Kuningan pengunjung juga bisa menjumpai Ikan Kancra Bodas (Tor douronensis atau Labeobarbus douronensis). Meskipun air kolam di sini terlihat agak keruh, tidak sebening air Kolam Cibulan yang kami kunjungi beberapa saat sebelumnya. Ikan langka ini hanya ditemukan di sungai dan balong yang dikeramatkan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Selain ditemukan di sebagian wilayah Indonesia itu, ikan Kancra Bodas yang disebut pula sebagai Ikan Dewa itu ternyata juga ditemukan di wilayah Thailand, dan Vietnam. Orang Jawa Barat menganggap ikan ini sebagai ikan keramat yang tidak boleh dibunuh dan tidak boleh dimakan. Kabarnya berat ikan ini bisa mencapai 15 kg dengan panjang hingga 75 cm.

balong kramat darmaloka kuningan
Pepohonan hijau rimbun terlihat tumbuh subur di dalam lingkungan perbukitan Balong Kramat Darmaloka Kuningan, memberikan suasana teduh dan sejuk di dalam kompleks, selain juga menebar aroma mistis, terutama pada sore hari. Karena makin ke dalam jaraknya makin jauh dari tepi jalan raya, suasana di dalam lingkungan balong ini cukup hening.

Suasana di tempat ini sepertinya sangat sesuai untuk melakukan kegiatan meditasi atau pun tirakat. Kolam atau balong yang berada di kompleks ini ada beberapa buah, yang masing-masing disebut dengan nama yang berbeda-beda, yaitu Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, dan Bale Kambang dan Balong Panyipuhan.

balong kramat darmaloka kuningan
Pemandangan pada balong yang berada di sisi sebelah kanan, dengan sebuah pondok terlihat samar di sebelah kiri atas bukit. Di kompleks Balong Keramat Darmaloka Kuningan terdapat beberapa makam dan petilasan yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat, diantaranya adalah makam Syekh Rama Irengan, dan beberapa makam lainnya yang tempatnya terpisah-pisah.

Makam lainnya yang ada kompleks obyek wisata ini adalah makam Aria Salingsingan, makam mBok Bukit, serta makam penari ronggeng Sari Kuning – Sari Kembang. Penduduk setempat percaya akan kesaktian dari Syekh Rama Haji Irengan, yaitu bahwa beliau telah membuat kolam keramat Darmaloka hanya dalam waktu semalam.

Mengunjungi Balong Keramat Darmaloka Kuningan pada sore hari memang terasa agak wingit, meskipun saya tidak mengunjungi makam atau petilasan yang berada di sana. Barangkali karena suasananya yang hening dan sepi, serta banyaknya pepohonan besar dan rimbun di sekeliling kompleks yang konturnya berbukit-bukit ini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 28 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »