Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan , Mojokerto, adalah tempat yang saya harus kunjungi lantaran tidak diperbolehkan memotret Museum Trowulan kecuali ada ijin tertulis dari kepala Balai. Kebetulan Kepala Balai sedang ada di tempat, maka saya pun meluncur ke gedung Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan bersama seorang teman untuk mendapatkan ijin itu.

Setelah menunggu beberapa saat, Kepala Balai pun menemui dan menanyakan maksud kedatangan kami. Singkatnya, kunjungan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan yang terjadi tahun lalu itu berjalan lancar, dan selain memperoleh ijin untuk memotret Museum Trowulan, saya pun berkesempatan melihat dan memotret koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan.

Kunjungan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala di Trowulan ini cukup memakan waktu kami yang sangat berharga, sehingga kehilangan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa situs lain di Trowulan. Karenanya, jika salah satu tujuan anda datang ke Trowulan adalah untuk memotret Museum Trowulan, ada baiknya ijinnya diurus terlebih dahulu sebelum Anda datang.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Sebuah koleksi langka Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan yang ditemukan di sekitar Trowulan, berupa sebuah kotak tanah bakar berbentuk segi empat dengan cungkup mengerucut.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Saat cungkup koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan itu dibuka, di dalamnya terlihat ada lempengan besi bulat di tengah-tengah kotak, dengan deretan lempengan besi tipis di sekelilingnya. Lempengan besi tipis ini diperkirakan berisi tulisan mantra-mantra, yang sampai saat itu belum bisa dibaca karena umurnya yang sangat tua dan sudah sangat sulit untuk dibaca.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Ketika tutup lempengan bulat dibagian tengah dibuka, tampaklah sebuah lingga kecil terbuat dari emas murni tertancap di tengah-tengahnya. Koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan yang mengesankan.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Sebuah koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan berupa kendi khas dan unik, yang banyak ditemukan di daerah Trowulan. Kendi air ini dipakai tidak dengan menuangkan airnya ke dalam cangkir, namun dengan cara menghisap air dari ‘puting’ kendi, sebagaimana bayi minum air kehidupan dari puting susu ibu.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Replika perahu cadik Majapahit yang reliefnya ditemukan di candi-candi di Trowulan, koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Satu dari beberapa arca Wisnu yang disimpan di teras gedung di kompleks Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Arca Wisnu lainnya di teras gedung di kompleks Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan yang berkepala tiga dan bertangan empat.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Menurut kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, salah satu arca Wisnu itu adalah asli, sedangkan arca lainnya merupakan arca yang baru dibuat. Mata kepala orang awam tentu akan sulit untuk membedakan mana yang kuno dan mana yang baru.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Salah satu patung Nandi, lembu kendaraan Dewa Syiwa, yang disimpan di teras gedung Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan
Sebuah arca yang diletakkan di luar teras gedung Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Meskipun kunjungan ini memakan waktu yang tak sedikit, namun saya merasa beruntung juga karena bisa melihat koleksi langka Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan yang tampaknya jarang dilihat oleh para pejalan.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur

Alamat : Jl. Majapahit No. 141-143, Trowulan, Mojokerto. Telp. (0321) 495515. Lokasi GPS : -7.557265, 112.37259, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Mojokerto, Hotel di Mojokerto.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Mojokerto » Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap