Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC

Home » Jakarta » Jakarta Selatan » Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Hari agak gerimis ketika saya melangkah melewati deretan warung menuju cabang Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC yang berada di samping JCC, Senayan, Jakarta. Suasana semua warung sangat ramai, maklum waktu makan siang, dan sedang berlangsung beberapa pameran di JCC.

Bakso Lapangan Tembak Senayan

Alamat: Samping Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Lokasi GPS: -6.21525, 106.806132, Waze. Jam buka 10.00 – 22.00. Rujukan: Peta Wisata Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Selatan.

Tempat yang digunakan Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC ini bentuknya persegi memanjang, dengan ruang jalan di tengah dan sisi kiri kanan berisi deretan meja dua buah serta bangku kayu yang panjang. Saya memilih duduk di deretan sebelah kiri memunggungi pintu masuk rumah makan.

Daftar menu pun diberikan oleh pelayan tak lama setelah saya duduk nyaman. Dari dafter menu saya nasi ayam lada hitam, dan es lapangan tembak, lantaran perut melayu harus diisi nasi. Karena ingin memotret menu utama tempat kuliner ini, saya pun memesan bakso tanpa mie. Alhasil siang itu judulnya makan agak berat.

bakso lapangan tembak senayan
Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC menyediakan menu yang sangat bervariasi, selain bakso polos dan es lapangan tembak yang tampak pada foto di atas. Bakso dan es lapangan tembak ini dihidangkan lebih cepat ketimbang nasi ayam lada hitam yang dipesan terlebih dahulu, yang memang harus dimasak segar sebelum dihidangkan.

Ukuran baksonya cukup besar dan padat. Rasanya gurih di lidah dan ada tergigit beberapa serat yang menimbulkan sedikit bunyi saat dikunyah dengan geraham. Sedangkan Es Lapangan Tembak yang rasanya cukup enak berisi butiran buah leci, potongan roti, semangka, rumput laut, potongan es dan lain-lain.

bakso lapangan tembak senayan
Suasana di ruangan Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC bisa dilihat pada foto. Pengalaman saya sebelumnya tentang pelayanan di sini tidak begitu baik, terutama ketika sedang banyak tamu. Pelayan kadang tidak menghiraukan ketika dipanggil, mungkin terlalu sibuk dengan yang sedang dikerjakan. Namun kali ini pelayanannya cukup baik karena sedang tidak banyak tamu.

bakso lapangan tembak senayan
Di setiap meja Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC disediakan keranjang berisi berbagai jenis kerupuk dan rempeyek sebagai makanan tambahan, atau sekadar menambah bunyi-bunyian di mulut. Sembari menunggu pesanan, saya sempat menghabiskan satu buah emping mlinjo, yang rasanya masih asli.

Menu lainnya yang disediakan di tempat makan ini adalah bakso campur, bakso bakar, bakso urat dan berbagai jenis bakso lainnya, nasi goreng spesial dan berbagai jenis nasi lainnya, berbagai masakan ayam, daging, telur, tahu, dan sayuran, serta minuman segar.

bakso lapangan tembak senayan
Bakso Lapangan Tembak Senayan JCC akhirnya menyajikan Nasi Ayam Lada Hitam yang saya pesan. Entah mengapa saya memilih ayam, bukan sapi. Ayamnya empuk, ladanya sangat berasa, agak terlalu banyak untuk lidah saya, sehingga sebagian nasi yang terendam dalam kuah lada terpaksa tidak saya makan.

Total yang saya bayar adalah Rp.63.800, dengan rincian Nasi Ayam Lada Hitam Rp.22.000, Bakso Rp.17.000, emping Rp.3.000, krupuk Rp.3.000, Es Lapangan Tembak Rp.13.000, serta pajak Rp.5.800. Tidak murah, namun juga tidak terlalu mahal. Harga sekarang ini tentu sudah banyak berubah dari ketika saya bersantap di sana.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 26 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »