Bagaimana Cara Uninstall WordPress

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara uninstall WordPress, agar ada rasa aman dan nyaman dalam melakukannya. Selama menggunakan WordPress self-hosted, sudah beberapa kali saya meng-install dan uninstall subdomain dan subfolder, karena sejumlah alasan, salah satunya adalah repot mengelolanya. Contoh subdomain adalah http://blog.domain.com/, dan subfolder adalah http://www.domain.com/blog/.

Saat ini situsweb aroengbinang dalam proses konsolidasi. Semua tulisan di subfolder Hotel (/hotel/) dan Wisata (/wisata/) telah selesai dipindahkan ke domain utama. Subfolder Blog (/blog/) dalam proses pemindahan. Selanjutnya hanya ada domain utama dalam bahasa Indonesia, dan subfolder versi bahasa Inggris yang setiap tulisannya akan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Cara uninstall WordPress yang saya tulis di bawah ini adalah cara yang saya lakukan, dengan menghapus secara bersih, setelah memindahkan semua tulisan ke domain utama.

Untuk uninstall WordPress lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Buka cPanel, klik Backup di kelompok menu Files. Buat backup baru dan unduh ke komputer sebagai cadangan jika nanti timbul masalah.
  2. Pastikan semua tulisan sudah dipindah dan telah di-redirect dengan .htaccess ke laman yang baru.
  3. Klik File Manager, masuk ke subfolder yang hendak dihapus (pastikan masuk ke subfolder yang benar).
  4. Buka wp-config.php dan catat nama database dan user, pada baris
    define('DB_NAME', 'namaDatabase');
    define('DB_USER', 'namaUser');
  5. Hapus semua file di subfolder, kecuali file index.php, robot.txt, dan .htaccess.
  6. Buka index.php yang tak dihapus itu, ganti isinya (lalu Save) dengan:
    <?php
    // Silence is golden.
    ?>
  7. Buka robot.txt, ganti isinya (lalu Save) dengan:
    User-agent: *
    Disallow: /

    File .htaccess yang juga tak dihapus hanya berisi perintah redirect semua tulisan lama ke tulisan yang ada di domain baru.
  8. Selanjutnya pada cPanel, klik MySQL® Databases, klik Delete pada “namaDatabase” yang hendak dihapus dan telah dicatat di atas. Delete juga “namaUser” terkait yang juga telah dicatat di atas.

Jika langkah terakhir telah dilakukan maka semua langkah Uninstall WordPress telah lengkap. Cara untuk uninstall WordPress lainnya bisa dilihat di sini.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » WordPress » Bagaimana Cara Uninstall WordPress
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 21 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap