Bagaimana Cara Memblokir IP Address

Home » Blog » WordPress » Bagaimana Cara Memblokir IP Address
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Memblokir IP Address adalah salah satu cara untuk menyingkirkan pengunjung yang tidak dikehendaki, biasanya karena mereka memakai sumber daya server secara berlebihan yang memperlambat akses website dan bahkan bisa membuatnya jatuh. Pengunjung seperti ini memiliki tujuan tidak baik dan digerakkan komputer secara otomatis. Langkah pertama untuk mengetahui bagaimana cara memblokir IP Address adalah dengan mengetahui alamat IP yang bertujuan tidak baik itu. Bagaimana mengetahui sebuah IP itu baik atau tidak baik, bisa dengan melihat apa yang mereka akses di website kita.

Ada beberapa indikasi yang bisa digunakan untuk menemukan alamat IP semacam ini. Baca juga tulisan Memproteksi WP-login dari Brute Force.

Menemukan IP Address

Untuk menemukan IP Address yang memiliki tujuan tidak baik secara manual, lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Login ke cPanel
  2. Gulir kursor ke kelompok “Metrics” dan klik “Raw Data”.
    Di bawah tulisan “Download Current Raw Access Logs”, klik nama domain yang hendak diunduh. Klik “Save file”, klik OK.
  3. Lihat di direktori download di komputer Anda, dobel klik file yang baru saja diunduh yang berakhiran .gz
    Buka file dengan text editor (TextEdit jika di Mac), lakukan pencarian cepat (Ctrl-F atau command-F) dengan kata kunci wp-login, misalnya. Tengarai IP Address yang mengakses wp-login secara berurutan dalam frekuensi tinggi yang menunjukkan usaha membobol situsweb Anda. Akses ke xmlprc juga bisa merupakan indikasi usaha untuk membobol situs.

Cara Memblokir IP Address

Cara paling mudah adalah dari cPanel.

  1. Gulir kursor ke kelompok “Security”, klik ikon “IP Blocker”
  2. Ketik atau copy paste alamat IP yang hendak diblok, klik tombol “Add”. Ulangi untuk semua IP lainnya yang hendak diblokir.
    Di bawah tombol “Add” ada keterangan cara memblokir alamat IP. Untuk alamat IP tunggal misalnya 192.168.0.1, atau memblokir alamat IP dengan rentang tertentu: 192.168.0.1-192.168.0.40
  3. Gulir kursor ke bawah lagi maka Anda bisa melihat IP Address yang telah diblok, dan tombol untuk menghapus blokir.

Berapa lama blokir dilakukan? Ada pendapat bahwa blokir cukup dilakukan selama periode tertentu, misalnya sebulan, dengan asumsi bahwa setelah diblokir maka orang itu akan pergi mencari sasaran lain. Oleh karena memblokir alamat ip dalam jumlah besar juga memperberat kerja server, maka langkah ini hendaknya dilakukan secara tidak berlebihan.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »