Jahat ke Baik

Segala sesuatu di bumi adalah penting, dan memiliki semacam peran yang memberikan kontribusi untuk kemajuan atau kemunduran manusia dalam kehidupan. Ambil nyamuk sebagai contoh. Mereka adalah cukup monester terbang kecil bising, dan cukup sering menjadi sangat berbahaya ketika menyuntikkan penyakit yang fatal.

Sementara kebanyakan orang membenci nyamuk, jutaan orang lainnya makmur karena keberadaan mereka. Semua memiliki tujuan. Nyamuk menyediakan lapangan kerja bagi jutaan orang di seluruh dunia yang bekerja di pabrik-pabrik obat nyamuk; peneliti di universitas dan perusahaan swasta.

Juga untuk pekerja dan tenaga penjualan di perusahaan diagnostik yang memproduksi diagnosa kit untuk malaria atau demam berdarah; mereka yang bekerja di perusahaan farmasi untuk membuat obat; analis di laboratorium klinis; dan pekerja kesehatan di rumah sakit yang mengobati penyakit yang ditularkan nyamuk. Ada ratusan atau mungking ribuan miliar dolar dari bisnis yang dihasilkan oleh makhluk kecil kurus itu.

Alat massal terbaru untuk membunuh serangga ini adalah raket perangkap nyamuk listrik, yang menggunakan sel baterai kering. Harganya sekitar Rp.40.000. Alat ini bekerja dengan sangat baik. Tidak ada zat kimia berbahaya untuk dikhawatirkan, tidak ada polusi, dan raket ini juga membuat orang latihan pada malam hari dengan bermain cari dan bunuh nyamuk. Saya sempat katakan kepada istri bahwa penemu perangkat sederhana ini pantas hadiah Nobel!

Sisi gelapnya, nyamuk menyebabkan kematian dan kesedihan kepada mereka yang terkena dampak penyakit yang ditimbulkannya. Sumber tawa dan kebahagiaan adalah juga sumber menangis dan kesengsaraan.

Penjahat adalah musuh masyarakat yang baik, tapi keberadaan mereka juga “penting“. Mereka menyediakan jutaan lapangan kerja bagi petugas polisi, penyedia layanan keamanan, petugas kesehatan, broker asuransi, staf penjara, produsen senjata, pembuat film, jurnalis, dan pahlawan. Mereka memainkan peran orang jahat, dan memberikan peran warga negara yang baik kepada orang lain.

JK Rowling tak akan bisa membuat tokoh Harry Potter’s-nya menjadi begitu terkenal tanpa keberadaanthe Dark Lord dan pengikutnya, the Death Eaters. Alasan sama berlaku untuk Superman dan James Bond yang membutuhkan orang-orang jahat di sekitarnya untuk menjaga mereka tetap pada pekerjaannya.

Dalam kehidupan kantor, selalu ada pembuat masalah, orang-orang jahat. Mereka bisa rekan, bawahan, atasan, pelanggan, pemasok, yang selalu memberikan masalah. Bukan solusi. Anda berharap bisa menyingkirkan mereka semua. Namun Anda tidak bisa. Pokoknya, keberadaan mereka dibutuhkan. Sama seperti Harry Potter yang membutuhkan keberadaan Lord Voldemort.

Orang jahat di kantor, di keluarga, atau dalam kehidupan yang lebih besar memberikan kita begitu banyak pelajaran gratis dan latihan yang berguna untuk mengasah keterampilan lunak. Kita hanya perlu tahu bagaimana menghadapinya. Tidak perlu dan tidak ada gunanya membenci atau melarikan diri dari mereka. Tidak ada satu hal pun dalam hidup tanpa makna. Anda hanya perlu untuk bertahan hidup dan merenung untuk mendapatkan pelajaran bijak darinya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » Renungan » Jahat ke Baik
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 20 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap