Arboretum Bogor

Arboretum Bogor atau Arboretum Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan mulai dibangun pada 1922 oleh seorang tuan tanah partikelir berkebangsaan Belanda. Adanya arboretum Bogor ini mempermudah peneliti, mahasiswa, atau pihak-puhak lain yang ingin ingin melakukan penelitian mengenai jenis-jenis pohon.

Semula Arboretum Bogor ditanami pohon buah-buahan seperti Rambutan, Durian, Dukuh, dan Menteng. Kemudian ditambahkan pohon-pohon Rasamala, Kenari, Ulin, Merawan, Meranti Kuning, Meranti merah, Mahoni daun kecil, dan lain-lain. Selain mengoleksi contoh hidup jenis-jenis pohon, tujuan Arboretum Bogor adalah untuk pelestarian jenis pohon secara ex-situ, tempat praktek pengenalan jenis pohon, sumber benih dalam jumlah terbatas, dan juga sebagai tempat wisata ilmiah.

Arboretum Bogor berada di atas lahan seluas 5 ha terbagi dalam 27 blok, dengan jumlah koleksi sebanyak 234 jenis dalam 136 genus atau 50 suku (famili), 167 asli dan 67 exot. Arboretum Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan berada sekitar 3 km arah Barat dari pusat kota Bogor, atau 10 menit denga naik kendaraan.

Batas-batas Arboretum Bogor: sebelah Timur dengan Sungai Cisadane; sebelah Utara dengan Jalan Raya Bogor-Jasinga; sebelah Barat dengan Jalan R E Abdullah; sebelah Selatan dengan Jalan Pasirkuda.

Arboretum BogorAlamat : Jl Raya Bogor – Jasinga Bogor. Lokasi GPS : -6.596545, 106.780695, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Arboretum Bogor

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.