Angkringan Tahu Kupat Pabuaran Purwokerto

Home » Jawa Tengah » Banyumas » Angkringan Tahu Kupat Pabuaran Purwokerto
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Sudah beberapa bulan lalu saya mampir untuk menjajal hidangan kuliner Angkringan Tahu Kupat Pabuaran yang berada di Jalan HR Bunyamin Pabuaran, Purwokerto, Banyumas, setelah berkunjung ke beberapa tempat di sekitar Lokawisata Baturraden. Jika dari arah Baturraden, rumah makan ini posisinya ada di sebelah kiri jalan besar.

Angkringan Tahu Kupat Pabuaran Purwokerto

Alamat: Jalan HR Bunyamin Pabuaran, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Telp. 0281-627799. Jam Buka 07.00 – 23.00. Rujukan: Peta Wisata Banyumas . Tempat Wisata di Banyumas . Hotel di Purwokerto.
Galeri (5 foto): 1.Tampak depan, 2.Kelapa muda, 3.Tahu kupat, 4.Meja Makan, 5.Taman Lembah Tidar.

Entah apa bedanya antara tahu kupat dan kupat tahu. Mungkin tak ada. Mungkin juga bergantung siapa yang beli. Bila langganannya adalah orang lapar dengan uang pas-pasan, nama kupat tahu mungkin lebih cocok, karena kupat mengenyangkan yang menjadi tujuan utama pembeli.

Dan waktu itu saya lapar, jadi mestinya pesan kupat tahu karena kupatnya saat itu lebih penting dari tahunya… :)). Penting juga adalah menjajal makanan tahu kupat yang menjadi menu utama rumah makan yang baru pertama kali saya singgahi itu.

angkringan tahu kupat pabuaran purwokerto
Tampak depan Angkringan Tahu Kupat Pabuaran Purwokerto, lengkap dengan alamat dan teleponnya pada tengara nama, dan dengan embel-embel “Asli Magelang”. Jalan masuk ke dalam ruangan rumah makan dibuat tak berpenutup dan cukup lebar.

Halaman depan yang cukup luas menjadi salah satu kelebihan dari rumah makan ini, sehingga cocok bagi kumpul-kumpul sesama teman atau keluarga besar. Kelebihan lainnya adalah harga makanan yang terjangkau bagi kebanyakan orang.

Meja kayunya berbentuk segi empat dengan empat kursi kayu berhadapan, dan ada pula kursi yang kaki dan punggungnya dibuat dari besi bulat. Lantainya berupa paving blok bersegi delapan, dengan lampu gantung lilitan rumit berwarna orange. Sesaat setelah duduk, saya memesan es jeruk kelapa muda dan seporsi tahu kupat.

angkringan tahu kupat pabuaran purwokerto
Penyajian minuman es kelapa muda dan es jeruk kelapa mudanya terlihat cukup menarik. Hanya saja buat penggemar daging kelapa seperti saya jumlah serutannya terlalu sedikit. Ini sangat berbeda dengan es degan yang biasa saya minum di kaki lima Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa yang daging kelapanya sangatlah royal.

Selain duduk di meja, pengunjung juga bisa memilih duduk bersila di lesehan di samping kiri rumah makan, atau di tempat duduk di kursi berpayung di halaman samping. Di bagian samping belakang rumah makan juga ada area yang disebut Taman Lembah Tidar dimana ada tempat duduk lesehan, area bermain, musholla, serta kamar kecil.

angkringan tahu kupat pabuaran purwokerto
Beginilah penampakan seporsi tahu kupat Magelang versi Angkringan Tahu Kupat Pabuaran, dengan telur mata sapi di puncak sajian, menutupi sebagian tahu goreng, bakwan, kol, toge, sayuran, kerupuk, dan tentu saja kupat. Siraman kuah encer bercampur kecap memberi rasa sedikit pedas, gurih, dan agak manis.

Selain tahu kupat Magelang, menu lain yang bisa dipesan di rumah makan ini adalah pecel, Nasi Kalangkang, Lele Sambal Bajak, Nasi Ayam, Nasi Lele Cabe Ijo, dan Nasi Lele Asam Manis. Harga semua makanannya lumayan terjangkau, sekitaran 10 ribuan. Boleh dicoba jika sedang berada di Purwokerto.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 28 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »