Alternatif Script Facebook dan Twitter Button

Kelemahan utama memasang Facebook dan Twitter button adalah memperlama waktu loading, satu hal yang tak saya sukai. Lebih cepat halaman dibuka lebih banyak orang bisa membukanya pada saat bersamaan. Itu karena pembatasan jumlah hit per ketika oleh penyedia layanan hosting.

Facebook dan Twitter Button memperlama waktu loading lantaran ada Java Script yang harus dibaca server, dan ada image icon yang harus ditampilkan. Belum lagi jika button memakai counter untuk menampilkan pengunjung yang share di Facebook, dan telah tweet di Twitter.

Dari waktu ke waktu saya berusaha memperamping blog untuk mempercepat loading, meski kadang masih suka tergoda untuk berkompromi agar halaman utama khususnya bisa tampil dengan lebih menarik dan lebih hidup. Sehingga ada suatu masa dimana saya sama sekali tidak memasang Facebook share dan Twitter tweet button.

Kini pengunjung tak akan menemukan Facebook share dan Twitter tweet button di seluruh halaman theAroengbinangProject.com, namun ada tautan teks di bawah setiap tulisan yang jika di klik akan memberi fungsi sama dengan Facebook share dan Twitter tweet button.

Cara ini saya sukai oleh karena praktis tidak berpengaruh sama sekali terhadap loading time. Tak ada Java Script yang harus dibaca, dan tak ada image icon yang ditampilkan, serta tak ada pula counter. Fungsi dasarnya tetap ada, yaitu memungkinkan pembaca untuk berbagi jika dirasa tulisan itu bermanfaat buat orang lain.

Memang saya tidak bisa pamer jumlah Facebook share serta jumlah tweet pada setiap tulisan. Tak apalah. Lagipula jumlah numerik counternya tak sampai ribuan yang layak pamer.

Jika Anda berminat untuk melakukan hal yang sama, menekan sedikit ego pamer untuk mempercepat loading halaman, maka Anda bisa menggunakan kode sebagai berikut ini.

Kode untuk Facebook sharer:

<a href="https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=<?php echo urlencode(the_permalink()); ?>" target="_blank">Share on Facebook</a>

Kode untuk Twitter tweet:

<a href="https://twitter.com/intent/tweet?url=<?php echo urlencode(the_permalink()); ?>&text=<?php echo urlencode(the_title()); ?>&via=namaakuntwitteranda" target="_blank">Tweet</a>

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Blog » WordPress » Alternatif Script Facebook dan Twitter Button

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 23 Maret 2017. Tag: , ,