Alexa Widget Perlukah?

Perlukah blogger memasang Alexa widget di blognya? Jika tujuan anda memasang Alexa Widget adalah untuk meningkatkan peringkat Alexa anda, jawabannya adalah: tidak perlu. Memasang Alexa Widget di situs tidak memberi pengaruh apapun terhadap kenaikan peringkat Alexa.

Tidak ada kode di dalam Alexa Widget yang akan memberitahu mesin Alexa mengenai jumlah kunjungan ke sebuah situs. Lalu buat apa orang memasang Alexa Widget? Alasan yang paling “logis” adalah untuk melihat kemajuan peringkat Alexa. Alasan lain adalah untuk pamer.

Inilah yang menjadi alasan mengapa saya tidak memasang Alexa Widget, karena belum ada yang bisa dipamerkan (peringkat Alexa The Aroengbinang Travelog saat tulisan ini dibuat ada pada angka 989,754), dan saya tidak perlu memonitor peringkat Alexa dengan Alexa Widget.

Kalau pun peringkatnya sudah bagus (misalnya di bawah 100.000-an), saya tetap memilih untuk tidak memasangnya, karena memasang Alexa Widget akan memperlama waktu loading situs.

Lalu apa yang akan membantu meningkatkan peringkat Alexa? Jawabnya adalah: memasang Alexa Toolbar di browser anda, mengajak pengunjung anda untuk memasang Alexa Toolbar juga, dan berusaha terus untuk menaikkan lalu lintas kunjungan ke situs anda.

Inilah yang menjadi alasan mengapa saya terpaksa beralih dari Safari ke Firefox, karena sampai saat ini tidak tersedia Alexa Toolbar untuk Safari.

Jika peringkat Alexa penting buat anda, maka saatnya anda mengunduh Firefox dan memasang Alexa Toolbar, dan lihat kemajuan peringkat Alexa langsung di browser anda.

PS:
Pada akhirnya tidak berguna menipu diri dengan membuka halaman blog sendiri sebanyak-banyaknya, setiap hari, hanya untuk meningkatkan peringkat Alexa. Tidak pula bijak menggunakan kata kunci yang tidak ada hubungannya dengan isi blog, hanya untuk menjaring orang agar datang ke blog. Anda hanya akan membuat mereka merasa terjebak, kecewa, dan tidak akan pernah membuka tautan ke blog anda lagi.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » Blogging » Alexa Widget Perlukah?
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 20 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap